Kebiasaan Duduk

  • Selasa, Oktober 05, 2010
  • By Reza Kurniawan
  • 0 Comments

Ya, duduk. Kegiatan seperti ini nih yang sering dilakuin sama semua orang bahkan jadi kegiatan favorit bagi sebagian orang.

Kenapa sih sama ‘duduk’?

Apa yang salah tentang duduk?

Setiap hari kita duduk. Mulai dari pagi kayak buang pup, Sarapan pagi, naik angkot atau motor ke sekolah, duduk merhatiin guru yang lagi ngejelasin di depan, terus istirahat ke kantin ngobrol sama temen-temen sambil duduk dll. Hampir semua kegiatan kita lakuin dengan duduk.

Artikel tentang masalah yang bersangkutan nih.

Usia memang di tangan Tuhan. Namun sejumlah cara dan juga perilaku kamu terhadap tubuh bisa memperpendek usia kamu lho. Penelitian yang dilakukan pada 123.216 orang yang terdiri dari 70 ribu perempuan dan 53 ribu laki-laki membuktikan adanya hubungan antara duduk terlalu lama dengan usia.
Duduk terlalu lama juga berhubungan dengan obesitas (kegemukan), diabetes, dan sakit jantung seperti yang di laporkan oleh Today.
Penelitian terhadap ribuan orang itu dilakukan selama 14 tahun yakni sejak 1993 hingga 2006. Tidak bisa dipungkiri kalau perempuan duduk terlalu lama (selama 6 jam) 37 persen lebih besar kemungkinan memiliki usia pendek ketimbang mereka yang duduk selama 3 jam di kursi.
Sementara itu untuk laki-laki kemungkinan berumur pendek yakni 17 persen lebih tinggi ketimbang perempuan. Nah, gerakan tubuh meskipun sedikit memiliki dampak yang besar untuk menurunkan resiko usia pendek.
Fakta yang lebih mengejutkan, ternyata mereka yang terus-menerus duduk tanpa istirahat dan bergerak punya kemungkinan usia pendek sebanyak 94 persen untuk perempuan dan 48 persen untuk laki-laki.
Mereka umumnya meninggal akibat serangan jantung ketimbang kaknker. Nah, inilah gerakan kecil yang bisa memperpanjang usia kamu.
1. Gunakan kursi kamu sebagai 'bola latihan'. Kamu bisa menggerakan kursi ke kiri dan ke kanan untuk menstimulasi pinggang dan kaki kamu.
2. Melangkah. Sekedar mendatangi kubikel teman, membuat teh atau kopi hingga menggunakan mesin foto kopi. Ayo, bergerak jangan mengandalkan OB. Menggunakan tangga untuk naik dan turun juga bagus tuh.
3. Stimulasi kaki. Kaki yang jarang digerakan bisa membuat kamu kaku bahkan kesemutan. Gerakan jari-jari kaki dan pergelangan kaki kamu dengan membuat gerakan memutar atau merenggang.

Abis baca itu gue tersadar, kalo di itung-itung sampe sekarang, hidup gue sama duduk kayaknya engga beda jauh deh. Juga mulai tersadar dan gue dapat kesimpulan, hidup itu emang engga boleh diam ditempat aja, kita harus bergerak, karena kita dianugrahi tangan, kaki dll untuk dipergunakan, bukan untuk bersantai. Asik.

You Might Also Like

0 komentar

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!