Review : Lenovo Yoga 520

  • Sabtu, Agustus 26, 2017
  • By Reza Kurniawan
  • 60 Comments



Laptop itu udah jadi barang wajib bagi anak muda milenial zaman sekarang. semua tugas sekolah, kerjaan, dikerjain lewat komputer jinjing ini. Dahulu emang sih, Personal komputer itu laku pas zamannya warnet-warnet berjaya. Tapi sekarang, laptop jadi primadona karena ukurannya yang compact. Bisa dibawa kemana aja. sambil di sekolah, kantoran, nge-mall, bahkan sambil buang air besar. Tapi ya saking banyaknya merk tuh suka bingung milih apa. Merk udah ketemu, eh tipenya segambreng. ukuran, speknya bejibun. lah piye mau milih laptop apa jodoh. ribet.
Sekarang gue pake Lenovo Yoga 520. Pertimbangannya sampai beberapa bulan. Galau? Galau banget. Cowok itu ngegalauin gadget sejajar kok sama galau tentang cewek. Ngepoin fitur-fitur yang ada, kekurangan dan kelebihannya. Kalo soal kelebihannya, Lenovo Yoga 520 ini jelas produk baru. Berarti fiturnya banyak yang kekinian. Jelas. Kekurangannya? Belum banyak review yang beredar. Youtube, website, masih sedikit banget. Jadi, rasanya gue bisa membantu calon pembeli produk ini dari sudut pandang pengguna.

Desain
Dilihat dari jauh sih ya tampangnya biasa aja. Nggak ada yang spesial. Mengotak, serba simpel. Kayak anak atletik (lah kenapa atletik? umm.. karena namanya? yoga) tapi pakaiannya kasual yang nggak memilih untuk show-off ke semua orang. Mungkin kalo umur gue masih belasan tahun, gue akan memilih laptop yang tampilannya gahar, macam laptop gaming lah. Tajam, serba tegas dan warnanya mencolok. Tapi karena seiring umur selera juga berubah, gue memilih bentuk yang santai.
Beratnya? Nggak sampe tangan berotot sih. Cukup ringan. Perbandingannya, mungkin lebih berat sedikit dari Macbook air, dan lebih ringan daripada Macbook pro 2012. Tebalnya pun sama, diantara kedua macbook tadi. Kalau pegang laptop ini tuh berasa pegang tablet sama laptop, sekaligus. Kenapa bisa gitu? emang ini laptop alien? bukan, ni sekte laptop yang bisa berubah macam transformer. Convertible. Bisa mode laptop biasa, mode setengah lipat untuk menonton film dan… full lipat, untuk menggambar. 3 mode yang useful yet entertaint user. Bentar, menggambar? yes, no joking. Laptop ini bisa dijadikan alat menggambar digital. I've been thinking, laptop with convertible mode like this must be featured with drawing mode with stylus. Windows 10 creator update ngebuat banyak produsen laptop bawa fitur stylus. keren sik. Kalo bosen kerja bisa coret coret layar. Fitur convertible dan stylus Ini membuat laptop bisa ke tahap selanjutnya, nggak cuma gadget dengan fitur biasa yang membosankan.

Hardware
Sekarang bahas bagian yang keras-keras. A lot. Lenovo Yoga 520 ini dijual dengan dua tipe pilihan processor, intel i3 dan i5. Sayang banget yang i7 nggak masuk Indonesia, pastinya i7 pasti ngebut banget. Tapi ya, mungkin i5 juga udah cukup untuk kebutuhan gue. Ngetik, ngegambar, editing, bikin motion. Kayaknya intel i5 udah cukup. Dulu pernah deh, ngebet pengen laptop spek tinggi, tapi ternyata penyakitnya ya overheat. jadi males punya laptop menang spek doang. Soal processor yang ngepas sih bisa dibantu dengan VGA Nvidia, untuk kebutuhan desain grafik udah cukup banget. maen game minecraft cukup, maen game Tekken 7 mungkin juga kuat. Kecuali ya kebutuhan elo desain 3D dengan detail yang yahud. Layar? Bening. Udah tipe IPS kayak smartphone kekinian yang bikin mata nggak pusing. bisa lah puas nonton raisa nyanyi dalam resolusi tinggi sampai komedo dia kelihatan. Bezel di layarnya juga nggak terlalu tebal, jadi layar lebih keliatan lebar. Apalagi ni laptop suaranya besar dan berbobot. Puas deh untuk hiburan.
Keyboard juga empuk banget. Cukup dalam pas untuk mengetik. Nggak tipis, nggak bikin sebal. Baru ngeh kalau lenovo itu keyboardnya salah satu yang terbaik. Padahal, sempat benci banget sama bentuk keyboard lenovo karena bagian bawahnya membulat. Nggak simetris gitu, bikin mata ilfil kalo diliat dari jauh. Nggak usah khawatir juga kalo ngetik pas listrik lagi nunggak karena ada backlit nya, 2 level kecerahan.
Konektivitas lengkap. USB ada 2, HDMI, headphone jack, SD Card. nggak ada CD Rom. Tapi, siapa yang butuh CD Rom ketika sekarang zamannya internet yang udah ngebut dan semua bisa streaming. Paling bingung aja kalo mau ge-burning data ke CD. Oh ya, nggak lupa juga ada port USB-C untuk transfer kecepatan tinggi, tapi nggak bisa untuk charge. huh. Nggak lupa juga ada tombol power yang menyala-nyala.


Stylus
Two thumbs up for lenovo for this feature. Laptop 10 jutaan udah dapat stylus yang didukung Wacom. Pensil digital ini menggunakan batre sebagai tenaganya. Bukan kayak Samsung yang tanpa batre, tapi mungkin mirip yang ada di stylus ipad pro, kali ya?
Pen ini enak dipegang. Nggak solid sih, karena bentuknya membulat rata. Tersedia dua tombol shorcut, tapi kurang kelihatan karena nggak menonjol yang terkadang harus putar pen kalo bingung. Tapi beda ketika digunain, presisi dan nyaman untuk corat-coret layar. Fitur pen ini ngebantu banget karena ada Windows 10 punya Windows Ink Workspace yang menyediakan Sticky notes yang ngebantu kalo butuh catatan-catatan kecil, Sketchpad yang bisa dipake ngegambar simpel, dan Screen Sketch untuk bantu corat-coret screenshot layar laptop.
Kekurangan
Cukup dengan kelebihannya, karena ada satu kekurangan laptop ini. RAM. Random Acces memory bawaan yang nggak cukup banget. Cuma 4GB. Iya, 4 tahun lalu mungkin 4gb masih cuku, tapi sekarang, untuk kebutuhan banyak hal seperti banyak buka apps, RAM segitu ngeden banget. Apalagi ketika harus ngegambar dengan aplikasi Adobe Photoshop pake Pen, keseringan ngelag. Buka aplikasi, loading. Sebal nggak sih?
Tapi semua masalah bisa hilang kok dengan menambah RAM minimal 8GB. Karena laptop ini cuma menyediakan satu slot RAM, siap-siap harus membeli ram yang 8GB yang harganya nggak murah karena ram yang digunakan itu tipe DDR4. Jadi ya, sediakan sedikit budget untuk upgrade Memory.
Gue sendiri agak bingung untuk upgrade RAM. Penjual di Serang nggak ada yang punya RAM laptop DDR4, jadi ya terpaksa harus beli pas di Jakarta, di online shop juga nggak banyak. Akhirnya beli di Tokopedia merk Team 8GB DDR4 2400. Pas udah upgrade, semua masalah laptop ini hilang. Tapi ya risikonya isi dompet menghilang.

You Might Also Like

60 komentar

  1. yosshh nemu juga review versi yang jelas..
    itu stylusnya ada yg jual terpisah ndak ya, atau adakah pen waqom laen yg cocok..
    buat prepare kalo kalo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai. Sepertinya kalau stylus, situs luar sudah ada yg jual. Untuk pen wacom lain yg support mungkin ada, tapi saya sendiri nanti mencoba dengan intuos di akhir minggu nanti. Tunggu saja ya infonya.

      Hapus
  2. Ram nya bisa pake yg 2400 mhz yah? Kirain hrs yg 2133

    BalasHapus
  3. Ini info yg saya cari.. Di yutub aja ga dapet. Btw, kalo upgrade ram notebook ini hilang garansi ga ? Kos kayanya ga ada tempat khusus buat upgrade ram, mesti bongkar semua baut ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya semua laptop aman dari garansi deh untuk ganti Ram. atau ganti ram pas beli di tokonya saja biar jelas.

      Hapus
  4. Mas sudah pakai pelindung/anti gores layar? tolong rekomendasi dan sharingnya mas.. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak menggunakan pelindung layar. Saya sendiri tidak pernah menggunakan pelindung layar karena kadang pelindung layar laptop membuat tampilan menjadi tidak maksimal, seperti layar lebih kuning (pengalaman teman).

      Hapus
    2. wow.. super quick respond.. makasih mas.. sejauh ini aman-aman sajakah tanpa pelindung layar? praying time first ya mas..

      Hapus
    3. Haha. Tapi sekarang late reply nih.
      Aman aja sih, karena penggunaan laptop tidak mungkin se ekstrim hp yang selalu digenggam setiap saa di segala macem keadaan (untuk saya)

      Hapus
  5. Gan, ini ada slot ssd buat upgrade ke ssd gak gan?..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak tahu. Saya tidak memperhatikan ketika membuka slot ram.

      Hapus
    2. Blogger sigap.. :D
      Oke gan.. gak mau nyoba buka lagi gan?..

      Hapus
  6. gan untuk ketehanan baterai bagaimana ? untuk pemakaian grafis ataupun pemakaian standar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk pemakaian standar, dari sehabis magrib hingga tengah malam saya mencoba laptop masih menyala tanpa di charge untuk pemakaian browsing dan adobe illustrator.

      Hapus
  7. Gan kalo dibuat game gimana ? Misalnya game GTA V

    BalasHapus
  8. Ka mau tanya apa benar di lenovo yoga 520, versi ms.office nya trial? Dan harus dibeli secara terpisah ms.office nya?

    BalasHapus
  9. ka mau tanya, kalo yang yoga i3 udah dapet stylus pen sama finger print belum ya yang dijual di indo?
    kalo misalkan ga ada, aku bisa beli dimana ya s pen nya di situs indo?
    makasih banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sendiri tidak membeli versi yg i3. Yang saya miliki versi yg tanoa fingerprint. Jadi mungkin setiap penjual berbeda :)

      Hapus
  10. gan numpang Tanya nih, laptop ane juga sama kyk agan emang bener agak lag dan sebal krna ramnya cuma sgitu, mau beli ram juga, itu emang slotnya cuma 1 ya? trus seri pcnya brapa ya bwt ram? tnks gan, sehat selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, slot hanya satu. Saya mengunakan merk TEAM, DDR4-2400 (1200MHZ)

      Hapus
    2. Mas Mau nanya nih. Kalau ganti RAM nya lebih baik ke lenovo centernya apa di toko komputer biasa bisa?

      Hapus
  11. 6 bulan pegang baru tau ini saya kalo ternyata slotnya cuman satu, ternyata RAM 8gbnya sekitar 1jt'an ke atas ya mas, mencekik banget ya, hehe, tp emang RAM 4gb ini kurang banget, sering lag juga saya

    BalasHapus
  12. 2 minggu lalu baru beli yoga 520 versi i3, tapi default ramnya ddr4 8 giga dual channel, dan masih ada 1 slot kosong (check pake cpu z), cuman nga ada pen nya, mohon info gan alternatif pen yg cocok selain lenovo active pen, soalnya nyari online dan tanya2 ke toko nga ada yg jual..tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw, mungkin yang mas versi baru ya. yg versi tahun 2018 sepertinya. Kalau pen selain yg punya lenovo, saya tidak berani merekomendasikan karena tidak pernah mencoba.

      Hapus
    2. katanya sih Wacom Bamboo Ink Smart Stylus compatible. Penjualnya cuma ada 2 di Tokopedia dan harganya 1.4jt

      Hapus
  13. oklah gan..makasih sudah dibales,nanti saya nyari2 lagi, bamboo ink sepertinya bisa. tambahan di reviewnya nga disebutin slot usb sebelah kanan bisa dipake sebagai charger hp dalam keaadan mati..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang, sepertinya sudah hal biasa di laptop keluaran 2015 ke atas.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Pas lagi di mode tablet, kalo laptopnya ditaruh di lantai/meja itu keyboardnya bakal rusak gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya tidak, karena keyboard lebih menjorok ke dalam, tidak akan tergesek secara langsung ke lantai. mungkin gunakan mode tablet pada permukaan yang aman saja, agar tidak terjadi apa apa.

      Hapus
  16. Hai salam kenal mas. Dulu karena baca artikel ini saya akhirnya jadi membeli lenovo yoga 520 ini versi i5 gen8. Tapi ko ya ampun lambat bgt ya? sering ngehang, loading lama banget. Install ini itu juga susahnya setengah mati. Saya kerja di bidang grafis, jadi tidak bisa menggunakan laptop yang lambat seperti ini. Saran mas apakah perlu di upgrade seperti yang mas lakukan apa jual dan ganti saja dengan laptop lain yang mumpuni ya? Mohon sarannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung jawaban teknis aja ya. Searching aja di Bukalapak, Samsung PM961 256GB harga sekitar 1,5jt sd 1,75jt yang 256GB (inget pilih PM961 ya, kalo PM951 itu model lama agak di bawahnya tapi sama-sama cepet tergantung kemampuan kantong ente). Trus ente coba ke web supportnya Lenovo, atau kalo di PC masih ada recovery partitionnya yang masih bisa bikin installer recovery, dibuat aja dulu flashdisk recovery. Nanti ente pasang tuh SSD M.2, trus lakukan recovery dari flashdisk supaya Windowsnya balik kayak baru beli dan lansgung aktif. Nanti bakal jadi kenceng banget. Kalo saya pake Samsung SM961 cuma yang ada versi 512GB harganya 2jt-an, speed sedikit di atas PM961.

      Hapus
    2. Bukannya di gen8 sudah termasuk ram 8gb ya? Kalau belum, tinggal upgrade ke rM 8gb juga cukup, kok. Memang laptop zaman sekarang dengan ram 4gb tidak memungkinkan untuk mengolah grafis. Kalau saran mas Riza boleh dicoba kalau memang membutuhkan dan budget memungkinkan.

      Hapus
    3. Salam kenal. saya rencana mau beli Yoga 520 yang i7, barusan ada di Indonesia. Dari informasi mas Reza pakai Samsung SM961 itu SSD M2 PCIe ya, saya cari2 yang 512 sepertinya harganya tidak boleh 2jt an :). Kalau boleh tahu link penjualnya> terima kasih

      Hapus
    4. Kayanya sudah habis barangnya bro, lagi rejekinya saya kemarin hehehe. Cari PM961 aja.

      Hapus
  17. Pengalaman saya dulu pake macbook air diinstall windows, ram cuma 4gb tapi pake pcie ssd tetep kenceng kenceng aja kecuali buka program yang makan ram gede baru deh stuck. Jadi saya saranin ssd dulu baru ram. Kalo ram dah 8gb mending pasang ssd pcie m.2 aja, skr dah lumayan murah, sekedar boot disk aja gpp lah yg 128gb misal budget ga cukup, kalo cukup ya 256GB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain pengguna windows, saya juga pengguna mac. Ram segitu udah nggak sanggup, karena setiap tahun spek software makin tinggi :)

      Bagi saya, ganti ram pun sudah cukup, photoshop, illustrator, bahkan premiere dan after effect pun saya menggunakan laptop lenovo ini.

      Hapus
    2. tergantung kebutuhan dan kemampuan masing masing

      Hapus
  18. Salam kenal.
    Langsung saja, saya masih galau apakah beli Lenovo 520 ini atau Acer Spin 5.
    Katanya di Spin sudah ada anti gores sedangkan Lenovo ga ada.
    Ada saran?

    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga.

      Saya belum pernah mencoba acer spin 5, jadi tidak bisa mengambil kesimpulan. Tapi, setahu saya, layar pasti tahan gores pada layar yang sudah kaca, karena lenovo 520 sendiri tersedia stylus yg pastinya layar 520 sudah kuat untuk menahan goresan.

      FYI, sekuat kuatnya kaca, bila terkena bahan yg lebih murni dari kaca, pasti lecet kok. Tapi penggunaan laptop pasti lebih awet daripada handphone yg selalu digegenggam.

      Hapus
  19. Salam kenal mas,
    Karena review ini di publish sejak agustus lalu jadi sampe dengan sekarang berati laptopnya sudah lumayan berumur.
    Yang mau saya tanyakan kondisi engsel putar laptop ini sekarangnya gimana ya mas? Soalnya saya rada ragu dengan semua varian laptop yg di buat dengan flip seperti ini, ragu cepat aus.
    Saya tertarik untuk beli Yoga sebagai hadiah, hanya takut kurang kokoh dan ndak tahan lama terutama di bagian engsel putarnya.
    Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk penggunaan engsel sampai saat ini sih tidak ada kendala, ya. Saya sendiri sering menggunakan mode tablet untuk menonton film dan sampai saat ini tidak ada kendala sama sekali.

      Hapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. halo salam kenal mas, saya mau tanya itu ram nya yang 4GB on board bukan ya ?
    masih agak bingung sama slot ram dilaptop ini, udah naksir ini laptop soalnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di lepas kok mas, tenang saja. laptop ini upgradedable, tapi memang slot nya hanya 1.

      Hapus
  22. Stylus pennya bisa dipake di photoshop sama lightroom gak ya mas?

    BalasHapus
  23. pernah ngalamin screen flickering gak mas?

    BalasHapus
  24. Punya saya ram 8GB DDR 4 tapi gk Nvidia dan cpunya i3 2.7GHz

    BalasHapus
  25. Selamat pagi, saya sedang cari2 info ttg laptop ringan dan tahan lama (maksudnya performa ttap tangguh setelah bertahun2), galau antara lenovo yoga 520 i5 dgn acer spin 3 juga asus vivobook flip yg 14. kira2 ada masukkan ga ?
    setelah pemakaian lenovo nya 1 tahun, performa baterai nya bagaimana ya ?
    trima kasih.

    BalasHapus
  26. Beli ini terpisah sma stylus gk ya? Kok saya gk dapet stylusnya.

    BalasHapus
  27. Balasan
    1. Bisa. Jangan lupa download recovery media dulu dari Lenovo Support trus buat USB recovery. Buka aja casing bawahnya, bisa tambah SSD M.2 yang NVME dan ganti HDD jadi SSD SATA. Saya pake 512GB + 500GB.

      Hapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!