Sensasi Menjadi Blogger

  • Kamis, Oktober 10, 2013
  • By Reza Kurniawan
  • 7 Comments

Sudah 4 tahun sepertinya saya mempunyai sebuah blog ini. Seperti sesuatu yang memang lebih sulit di lakukan ketika kita (rata-rata) hanya akan bersemangat di awal-awal mempunyai sebuah blog. Banyak hal yang telah saya lewati bersama hadir nya blog ini. Cerita hidup saya banyak yang di tuang disini. 

Awalnya, mempunyai blog itu seperti hal yang keren. Dahulu, saya nggak sanggup dan nggak ngerti caranya membuat sebuah website. Buat apa bikin website? Gatau. Biar keren aja sih. Karena penasaran apakah alternatif dari sebuah web dan sepertinya blog sedang booming kembali ketika ada Raditya Dika dengan buku yang di mulai dari sebuah blog. 
Nah, Dari situ lah, saya anggap saya telah tertarik membuat sebuah blog. Mencoba berbagai platform blog sudah saya coba berulang kali dimana-mana. Tapi, Hanya satu yang bertahan. Di Blogger.com ini.

Walaupun kemampuan menulis saya bisa dibilang nihil sama sekali, tapi saya terus mencoba menulis di blog ini. Coba saja lihat post pertama dari blog ini. Sepertinya aneh dan saya akan menertawakan diri sendiri. Karena menulis yang tidak karuan seperti itu, saya mulai bingung. Nah, yasudah, saya menghias blog nya saja dengan banyak widget seperti kebanyakan blgoger pemula. Oh iya, saat itu sebulan setelah saya membuat blog, ada tugas sekolah (SMA) untuk membuat blog dan mengisi postingannya. Wow, saya sepertinya sudah mencuri start. Saya pun merasa lebih pede dan tidak sedikit yang meminta dibuatkan sebuah blog. Membuatkan teman sebuah blog, lalu mengunjungi blog saya dengan akun teman, follow blog saya ini, lalu seperti itulah. Lumayan :P


Era tugas membuat blog selesai. Banyak pemilik blog karbitan menghilang dan meninggalkan blog nya. Saya kesepian, tidak ada teman yang sama-sama nge-blog lagi.

Dua tahun setelahnya. pada tahun 2011, saya sedang mengunjungi Kaskus. Melihat thread menarik yang lucu-lucu. Agan ini Namanya nyinx2 kalo nggak salah. Tahu nggak? +alitt susanto . Saya tertarik dengan tulisannya. lalu saya kepo-kepo dikit dan mengunjungi blog nya. Shitlicious.com.
Lalu, ada yang membuat saya tertarik kembali. Di blog Alitt, dia memasang sebuah widget yang menunjukan dia terinspirasi dengan +Benazio Rizki . Eh bener nggak, sih? Saya sudah sedikit lupa.
Lalu, saya buka blog Bena Kribo. Well, Saya saat itu belum tahu siapapun blogger yang terkenal. Saya buta.
ketika membuka blog Bena makin tambah kaget. Wah, blog-nya keren. Terus, baca-baca lagi. Terus liat kotak komentar di salah satu postingan blog Bena. Dan…….
Saya buka semua profil komentatornya. Kepoin semua. Ada salah satu komentator bernama +irvina lioni . Di blog nya sungguh Ultra beda. Dan…. dia mempunyai sebuah grup blogger. Dan Namanya nggak kalah beda dengan blog-nya. Saya mampir di grup blogger tersebut. Lalu karena penasaran, saja klik tombol bergabung. Um, Saat itu anggotanya masih dibilang sedikit. 200 an. Kalo sekarang sudah lebih banyak sekali.

Namun, Setelah saya join, saya masih ragu untuk berinteraksi dengan anggota grup tersebut. Saya pemalu, pada waktu itu.
Kira-kira selama setahun menjadi anggota, baru lah saya mulai aktif disana. Sungguh memalukan. ._.
Yang saya ingat di awal-awal mengikuti grup tersebut hanya nama Madz Smith Fergusson yang aslinya adalah +Ahmad Firdaus .

Terus, saya ingin mencoba hal yang baru. Ikut Kopdar grup Kancut-Keblenger. Acara kumpul-kumpul itu dilaksakan di Plasa Semanggi. Mungkin itu pertama kalinya saya ikut kegiatan di luar daerah, di Jakarta. Saya berangkat dari Serang.

Beberapa blogger yang saya temui pertama kali disana adalah +senny septya Sari , +Funy Dhia Raisha W. , dan +Anugrah Firdaus . Kami datang lebih cepat dari yang lain. Sepertinya setengah 9 sudah disana. Kami duduk bersantai di depan Dunkin Donut sambil ditemani seorang pegawai plasa semanggi. Saya selalu mengingat awal-awal bertemu sesama blogger tersebut. Bahkan, Hadiah tukar kado yang dicurigai berasal dari Anugrah atau Funny, masih saya simpan. Sebuah Karet gelang berbentuk Helo Kitty dan buah-buahan.




Acara kopdar tersebut juga benar-benar seru. Baru kali itu saya sepertinya cepat akrab dengan seseorang di sebuah kelompok. 
Mungkin untuk paragraf ini, hanya anggota KK yang tahu persis.
Saya mengingat +Mega Gumelar  dengan sepatu besar nya dan Risky yang kurus kering. Anugrah yang selalu asik diajak ngobrol, Badot dan Galih yang gemar modus ke Irvina. +shinta ratnasari  dan +Shanti Ratnawati  yang sampai saat ini belum bisa saya bedakan. +ratri purwani , +Raymond Nourmanda , +Nonni Shetya , +Farid Azroel  yang mendapat kado sebuah pembalut juga anggota lain yang sepertinya terlalu banyak untuk saya ingat. Sungguh, saya begitu sulit untuk mengingat semua. Haduh. ._.
untuk laporan tentang kopdar tersebut, bisa dibaca disini.
Dimulai dari sana pula saya kembali bersemangat untuk nge-blog kembali. Memang, Semua hal yang mempunyai minat sama dengan orang lain dapat membuat kita lebih termotivasi.

Lalu, Belum lama ini (2012) saya pindah ke Bandung. Pindah kuliah, Dari jurusan Teknik Ke jurusan DKV. Banting setir.
Ketika awal-awal di Bandung, saya tidak perlu sulit untuk bergaul, Karena sudah ada anak grup Kancut-Keblenger yang berdomisili di Bandung yang cukup saya kenal via dunia maya. Gosip miring tentang teman dunia maya yang culik-culikan itu cuma untuk orang terlalu ceroboh dan salah bergaul. Saya malah senang punya banyak teman dunia maya. Ketika berkunjung ke Daerah lain nggak akan sulit untuk bergaul. 

Ada +Rizky Noorrahmi , +Kinan Kawuryan , +Puti Azalea , +Dita Khusnul Khotimah , +Om Yono Tristiyono , dan banyak lainnya.  Tidak perlu waktu lama untuk beradaptasi di Bandung. Mengikuti kegiatan disini, Kopdar disini. Lalu, setelah beberapa tahun ada di Komunitas Kancut-Keblenger saya sendiri sudah tidak punya rasa malu lagi. Yang dulunya anak rumahan sejati yang nggak tahu kegiatan apapun diluar, menjadi (sok) aktif di dunia maya dan juga dunia nyata. Seperti 360 derajat dari sifat saya sebelumnya. 

Lalu bulan Oktober ini, 4 tahun ini saya nge-blog. Juga bulan ini, hari Blogger. Selamat Hari blogger tanggal 27 Oktober nanti. Saya beruntung bisa menjadi bagian dan mendapat hal-hal berguna lainnya dari nge-blog. Teman yang banyak, asik dan membuat saya mudah untuk bergaul dan tidak malu-malu untuk ketemu orang baru. bahkan sekarang, suka malu-maluin. Lebih mudah untuk menulis. Membuat saya sadar mana yang benar dan salah, membuat saya berada di Bandung untuk menuntut ilmu yang benar-benar tertarik untuk saya.

Social Media Festival kali ini juga saya tidak bisa hadir. Saya harus pulang Ke Serang lalu ke Tasikmalaya. Sungguh menyesal rasanya harus melewatkan acara hebat seperti itu. Tapi tidak apa, Semoga tahun depan makin banyak acara keren. Beneran nggak bisa ketemu anak KK di SMF tahun ini. Dengar-dengar, Rombongan Bandung untuk SMF juga banyak yg batal. :(
Oh iya, Nggak bisa ketemu +Ahmad Firdaus lagi, deh. padahal dia enak dibecandain kalo lagi diperjalanan. Logat Jambi nya menarik. hahaha

Dengan tugas yang sepertinya sudah mulai menumpuk, saya selalu berusaha untuk nge-blog dan mencoba blogwalking. oh iya, saya paling aktif di twitter saja. Koneksi internet Rock Mountain sungguh jelek, cuma teks saja yang lancar. Ngetik postingan ini pun disimpian di Evernote terlebih dahulu, lalu menggunakan Tethering ponsel dengan mencari sinyal bagus selama 15 menit.

Jadi, kalo ada yang punya postingan blog yang masih segar silahkan mention saja. Saya juga butuh baca-baca dan sedikit hiburan supaya nggak kehilangan update di dunia maya dan nyata karena terlalu asik pacaran sama tugas.



You Might Also Like

7 komentar

  1. Wow udah 4 taun, gue baru mau taun ke 3 dan seperti kebanyakan blogger SMA, punya blog berawal dari tugas sekolah.

    Bikin blog review makanan aja kur xD

    BalasHapus
  2. sepertinya cerita kita sama bang, apalagi yang ketika kita disuruh bikin blog. I know that feeling, bro~

    BalasHapus
  3. ama nih nggak jadi ke SMF untuk yang pertama kali ._.>

    BalasHapus
  4. #freepukpuk buat Jakurr yang enggak bisa ketemu Madz ckilimiditz (yang bakalan di bully abis-abisan) di SMF tahun ini ( '-')//

    BalasHapus
  5. Ceritanya keren bang, kur. Sayang banget gak bisa ikut SMF tahun ini.
    (Padahal aku juga kaga ikut. Rumah di Medan ._.)

    BalasHapus
  6. Gak ikut SMF juga kan udah kopdar sama aku kak. 30 menit doang. HAHAHAHA xD

    BalasHapus
  7. dah lama juga ya mas bro jadi blogger, kayaknya lebih lamaan mas bro
    terus semangat ya bloggingnya

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!