Tampilan Blog Untuk Pemula

  • Selasa, Oktober 01, 2013
  • By Reza Kurniawan
  • 1 Comments

Blog adalah hal yang tepat untuk memberikan sebuah opini, memamerkan sebuah karya, memberikan sebuah solusi dan juga sebuah catatan sehari-hari
Tidak ada alasan dengan manusia modern saat ini untuk menyalurkan ide nya di dunia maya. Pengguna iternet saat ini harus cermat dan mengetahui mana yang salah dan mana yang tidak. Penggunaan internet dengan bijak adalah hal yang baik diterapkan untuk saat ini. Mencari informasi, referensi dari pekerjaan, hobi semua bisa dilakukan dari internet, blog, dan sejenisnya.

Tampilan blog adalah hal pertama yang terlihat ketika kamu membuka sebuah blog. Warna, Background, font, header adalah faktor sederhana yang bisa kamu gunakan untuk memodifikasi dengan lebih simpel.
Dengan mengerti beberapa poin tersebut, kamu akan mencapai kepuasaan saat blogging dan mendapat semangat lebih untuk lebih produktif dalam menulis blog.



Hal yang harus diperhatikan tersebut diantaranya:


Template
Jika kamu seseorang yang ingin ribet, cari template dengan search engine-mu. Lalu, ketika kamu mempunyai kemampuan untuk memodifikasi html pada template untuk tampilan blog, gunakanlah sesuai keinginanmu. Tapi, jika kamu tidak punya keterampilan itu, dan kamu tidak mau ribet, gunakan template bawaan dari blogger.com. Cobalah, lalu pilih salah satu yang cocok di mata mu. Lalu jika kamu punya waktu lebih, kamu bisa lanjutkan untuk edit template bawaan itu dengan menyesuaikannya dengan keinginanmu. Warna, komposisi dan hal lainnya adalah hal yang penting.

Background
Kamu bisa membuat sebuah karya? waw bagus! gunakanlah untuk tampilan blog mu. Tapi, untuk tips kali ini, kamu bisa bisa gunakan pattern. Tampilan blog-mu bisa lebih simpel dan lebih nyaman ketika membacanya. Nilai plus menggunakan pattern untuk background dapat membuat blog mu lebih ringan. Kamu bisa membuat pattern, ataupun mengunduhnya. Saya sendiri menggunakan pattern untuk blog ini. Kalian bisa mencoba membuka http://subtlepatterns.com/ untuk mencari dan mencoba pattern-nya langsung.

Header
Kadang, kita kurang puas dengan tampilan blog header yang hanya tulisan judul blog dan subjudul pada bagian atas blog, lalu terpikir untuk membuat header sendiri. Bagi yang bisa ataupun terbiasa mendesain, kamu pasti sudah mengerti cara membuat header yang baik. Jika kamu tidak terbiasa mendesain, coba dimulai dengan membuat sebuah header dengan sebuah judul blog berikut subjudulnya, lalu sedikit potongan gambar yang berhubungan dengan tema blog yang kamu miliki. Save for Web (bila menggunakan photoshop, memaksimalkan penggunaan ukuran besar gambar untuk web) dengan format .png.

Font
Membuka blog untuk membaca sebuah tulisan yang ada di blog kadang melelahkan. Banyak pemilik blog yang menggunakan font yang keren-keren dan variatif. Untuk judul post tidak masalah, namun salah ketika digunakan untuk font artikel yang cukup panjang. Pembaca tidak bisa fokus dan cepat lelah dengan penggunaan font dekoratif. Font tampilan blog yang cocok untuk sebuah artikel memang kadang membosankan. perlu sedikit ketelitian agar pembaca nyaman dan tidak mudah lelah. Seperti Times New Roman. Arial dan jenis font-font yang memang sudah lama beredar dan sudah lama digunakan untuk tulis menulis.

Tips Lainnya:
- Gunakan Widget dengan bijak, tidak berlebihan
- minta pendapat temanmu tentang tampilan blog mu
Modifikasi yang saya gunakan:
-Template bawaan blogger.
- Background pattern Grey-Jean
- Header dibuat di photosop, 2 layer. judul (nama sendiri) dan subjudul, lalu 6 desain karakter    dalam 1 layer.
- Teks halaman Arimo, Judul Entri (post) Josefin Sans.
- Widget search bar, Foto diri, sedikit deskripsi diri, Kategori, Halaman, Like page FB dan twitter pribadi, Indeks posting blog, Entri populer, Google friend connect, Email berlangganan, Blog teman.

- Widget footer (paling bawah) yaitu link komunitas blogger, link halaman pribadi lainnya, dan teks copyright dan detail blog ini dibuat.

You Might Also Like

1 komentar

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!