Mimpi Besar, Semangat besar!

  • Kamis, Januari 02, 2014
  • By Reza Kurniawan
  • 6 Comments

Selamat datang 2014!
Masih nggak kebayang walau nyatanya saya nggak terlalu fokus sama pergantian tahun.

Fase 2013 yang begitu berarti. 2013 itu bisa dibilang masa peralihan (setiap tahun harus ada peralihan, karena manusia juga kan selalu berubah :p). Di awal tahun yang saya nikmati atmosfer nya dengan penuh dengan karya-karya hebat di sekitar, saya juga nggak akan kalah. Saya akan berkarya di jalan yang saya suka.

Tahun ini saya akan fokus ke beberapa hal. Mulai dari hal kecil, sampai hal besar yang sudah saya lihat di tahun kemarin sudah membuat cambukan.
Bukan saatnya lagi lihat penyesalan dibelakang. Di depan banyak hal baru yang lebih menarik. Bukan saatnya lagi banyak mengeluh, bukan lagi menghina sesama dan menyulut api pembakaran massa. Siapa yang perlu pembodohan masal bila sekarang zamannya menjajah dengan sebuah karya?

Sebagai pengamat yang suka sok tahu, dan kadang juga suka diam ditengah keramaian dunia digital, saya belajar banyak hal, mengerti banyak hal, menjalani banyak hal. Belajar banyak hal bukan berarti akan mencapai titik jenuh untuk belajar, karena jika kamu berhenti belajar kamu akan tertinggal, kapanpun masa kehidupanmu. Mengerti banyak hal bukan berarti saya yang paling mengerti, justru saya semakin mengetahui bahwa banyak hal yang saya lakukan itu salah. Menjalani banyak hal bukan berarti sudah puas saja menjalaninya, terus menikmati dan mencari hal yang lebih berguna tentunya.

2014 ini, beberapa hal yang saya akan nikmati adalah:

1. Menggambar

Siapa yang melirik karya ilustrasi yang saya buat? Walau kenyataannya masih jauh dari hal yang mengagumkan, saya akan terus mencoba teknik yang pas. Blending warna atau hal sedemikian rupa agar ilustrasi saya semakin menarik. Pose dari tubuh yang saya buat. Versi kecil-mungil adalah hal mentok yang saya miliki karena kemampuan yang masih terbatas yang perlu banyak latihan. Angle yang itu-itu saja. Banyaaaak sekali kekurangan, banyak sekali lubang dan banyak sekali tembok besar. Walaupun ilustrasi ini (mungkin) bukan saya di masa depan, tapi ini bisa menjadi nilai plus untuk mendukung pekerjaan saya kedepannya.

2. Menulis

Yes, menulis hal yang mudah diucap tapi sulit untuk diterapkan. Menulis saja mudah, tapi menjadi menarik adalah hal yang sulit. Saya bukan membahas menulis tulisan blog. Saya membahas menulis dengan dukungan dari ilustasi yang saya buat. Walau nantinya saya akan mencoba publikasi di blog ini. Saya akan membuat beberapa cerita bergambar di blog ini sebagai sebuah awal. Saya butuh konsistensi dalam hal ini.

3. Merekam

Hal yang saya impikan bertahun-tahun lalu. Membuat film itu asik, Tapi sayangnya banyak ketidaksetujuan alam yang menghalangi. Awal besar yang saya lakukan saat akhir SMA, adalah membuat film dokumenter kegiatan kelas yang di rilis di DVD burningan sesuai pesanan anak sekelas. Dimulai dari aktifitas KBM, Hal nakal yang dilakukan, sampai salam perpisahan, Karya yang selalu menjadi kenangan. Sepertinya tahun ini mendukung. Pintu masuk hal ini semakin dekat. Karena ilmu yang saya miliki juga masih sedikit dan kemampuan saya masih minim, saya akan mencobanya lebih giat. Sebenarnya saya sudah menyicil ilmu dari tahun-tahun kemarin, dan tahun ini saya akan menyicil beberapa pendukungnya, juga membuat karya.


Apa 3 tujuan diatas terlalu rakus? Menurut saya tidak, iya kan?
3 hal tersebut juga bisa disatukan menjadi hal khusus yang tentunya berguna di kemudian hari (ceilah).
Ya... sebenarnya sih segala hal yang kamu dan aku lewati semasa hidup itu nggak ada yang dilewati secara kebetulan gitu aja. kalau kamu menjalani hal ini, nantinya diri kamu akan terbentuk dari hal itu, sekecil apapun. Jadi, jangan remehin hal sekecil apapun. Jangan banyak 'negatif'. Intinya itu sih sepertinya. Hal negatif seperti apapun pasti berpengaruh. Itulah mengapa saya mulai memilih secara gamblang atau secara perlahan hal negatif dan positif mana yang saya pilih. Itulah gunanya pilihan hidup.

Begitulah isi dari resolusi saya. Nggak perlu takut dibilang "masih aja resolusian", nggak usah peduli apa kata orang yang mau membuat hidupmu gitu-gitu aja. Kalau kamu sudah mengalami pahit dan manisnya hidup, kamu sendiri akan mengerti mana yang salah dan mana yang tidak.
Jadilah pemimpin untuk diri sendiri. Kamu nggak perlu pemimpin yang 'membatasi' kreatifitasmu. Semua hal yang kamu butuhkan ada pada dirimu sendiri.
Hal yang membuat dirimu tertahan pada sebuah lingkaran semu pasti akan membuatmu menyesal. Nggak ada hal yang perlu ditakutkan kalo hal yang kamu lakukan itu kamu anggap benar.

Itulah beberapa hal yang saya tulis untuk diri saya sendiri.
:)

You Might Also Like

6 komentar

  1. semoga nggak jadi wacana om.. :D biar rajin ngeblog xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh iya poin kedua juga untuk jadi rajin nge-blog ya XD
      amiiinnn, diusahakan dan saya berjanji :D

      Hapus
  2. Asikk... yuk kur. Ngeksis lagi dengan karyamu di 2014! Gue tunggu karya lo :D

    BalasHapus
  3. mimpi besar, semangat besar, perut besar!

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!