Ujian Akhir Semester: Semester 3

  • Kamis, Maret 13, 2014
  • By Reza Kurniawan
  • 5 Comments

Hai!
Hampir saja saya melewati post untuk tugas-tugas kuliah ini. Ketika liburan bulan lalu, saya meninggalkan Bandung dan karya-karya yang dijadikan UAS masih terjebak di ruang dosen. Akhirnya, baru setelah liburan selesai dan perkuliahan dimulai, karya-karya tersebut bisa dipegang oleh saya.

Semester 3, adalah semester yang benar-benar menguras waktu. Waktu bermain hanya sedikit, dan di akhir-akhir dikepung tugas yang jika 1 tugas selesai, muncul tugas yang lainnya. Apalagi SDKV 1, setiap minggu pasti dikejar oleh 101 ide yang memaksa saya, dan teman-teman lainnya mengerjakan di berbagai keadaan.

Yasudahlah, memang semua orang harus sibuk. Ya kalau nggak sibuk namanya nganggur. Proses yang tidak pernah ada habis nya. Lagipula, sesibuk apapun tugas dan UAS DKV semester 3 ini tetap menyenangkan.

Yuk ah langsung aja dibaca sampai habis.

(Peringatan, Bandwith Killer)



Studio Desain Komunikasi Visual 1 (SDKV1)

Mata kuliah yang satu ini diawali tugas titik di awal semester. Tugas tersebut yaitu membuat sebuah 10 buah bujur sangkar berwarna putih dengan ditempel di kertas berwarna hitam. 5 untuk kesan Ramai, dan sisanya untuk kesan Sepi (tergantung kesepakatan bersama dosen). kemudian dalam 1 kesan dibuat 4 ukuran kecil, dan 1 untuk ukuran besar yang kamu anggap paling bagus. Lalu, ada tugas membuat kalender dengan siluet furniture, dan sebuah packaging bergambar macan dengan gaya gambar yang berbeda di setiap sisi nya. Udah deh, entar juga ngerti kalau kamu dapat tugas itu.

SDKV 1 itu UAS-nya 101 Ide. Setiap pertemuan sebelum hari UAS, kami diperas rata-rata 100 ide per-pertemuan. Kalo di awal pertemuan membahas 101 ide sih sedikit, kesananya besar-besar. Oh iya, Jadi tugas 101 ide itu nggak cuma pas UAS, tapi sebelumnya adalah tugas biasa yang di asistensi-kan.
untuk Ide nya, kelas saya kebagian "Naga". Iya, mahluk yang bener-bener nggak diketahui bentuk aslinya. Jadi, Kami hanya terfokus dengan apa yang ada di imajninasi masing-masing. Yang penting ukuran panjang dan meliuk-liuk, mempunyai sisik tajam, mempunyai duri, dan sebagainya.

Saya seringkali memikirkan Naga di perjalanan ke kampus. Karena saya sendiri naik motor, saya suka melewati jalan yang berbeda setiap kali berangkat ke kampus atau pulang ke rumah. Bahkan, ketika Saya sempat pulang ke Serang, dan pergi lagi ke Bandung, sepanjang perjalanan saya memegang sketchbook untuk langsung menggambar sebuah imajinasi tentang Naga.
Setelah asistensi hingga sebelum UAS hanya terpilih 60-an, dan sisanya belum selesai, Jadi saya punya 40 +1 yang besar untuk dikumpulkan ketika UAS.

Mengerjakan tugas ini nggak bisa dikerjakan H minus sedikit, harus nyicil sedikit-sedikit. Kalo langsung dikerjakan sekaligus bisa-bisa kamu langsing.

Untuk penilaian UAS SDKV 1, sepertinya dari kerapihan dan gaya pewarnaan, Saya sendiri menggunakan pensil warna. Dan yang menggunakan cat air dengan giat sekali mendapat nilai paling besar. Oh iya, warnanya harus memenuhi bidang gambar.

UAS SDKV 1


Ilustrasi 1

Kembali menggambar, hal yang paling menarik disini adalah tidak perlu gambar yang sempurna. Ada tugas membuat sebuah suasana yang bertentangan, misalnya 1 ceria, 1 lagi sedih. Lalu, membuat sebuah ilustrasi yang khayalan banget menggunakan marker, Lupa apa nama nya. Selanjutnya, mengadaptasi sebuah ilustrasi dari lagu anak. 1 lagu dengan 2 ilustrasi. Ada lagi tugas membuat sebuah karakter dengan menggabungkan seorang tokoh dan seorang binatang.

Untuk UAS, membuat sebuah ilustrasi dari peribahasa. Saya menggunakan peribahas "ada udang dibalik batu".

Penilaian UAS Ilustrasi ini didasari dengan perumpamaan peribahas dan ilustrasi yang tidak terlalu terpaku dengan peribahasa, dan detail gambar (mungkin tergantung dosen). Semakin banyak sebuah objek di dalam gambar mu, semakin baik pula nilai akhir nya.

Tugas + UAS ( klik utuk memperbesar)

UAS Ilustrasi ( klik untuk memperbesar)


Komputer aplikasi DKV 1 (KA DKV 1)

Semester 3, mata kuliah ini berfokus pada aplikasi Adobe Photoshop, Mulai dari ilustrasi hingga olah foto. Enaknya mata kuliah ini kita ada di lab yang ber-AC, jadi nggak mungkin keringetan kalo nggak bisa mengerjakan tugas. Tapi, di lab kebanyakan mendengarkan penjeleasan/tutorial dari dosen, sih. Baru ketika pulang, diberi tugas.
Mungkin langsung saja ke tahap Ujian Akhir Semester.
UAS KA DKV kali ini mengolah foto menjadi sebuah poster film. Agak males juga sebenarnya untuk share UAS mata kuliah ini, karena saya menggunakan foto sendiri dan di modifikasi sedemikian rupa sehingga tambah menjijikan. ehe.

UAS KA DKV (menjijikan? IYA!)  Klik untuk memperbesar



Tipografi 1

Sesuai perkiraan saya, mata kuliah ini memang fokus untuk pembuatan sebuah font atau disebut typeface. Dari awal pertemuan efektif, kami memilih apa sebuah warisan budaya atau sebuah hasil endemik yang ada di Indonesia. di setiap pertemuan merupakan asistensi tentang font-font lagi. Dimulai dari objek apa yang kamu pilih, hingga bermacam-macam font yang kamu buat (huruf besar, kecil, angka, simbol). pembuatan nya fokus di manual dan sedikit digital pada tipografi.

Untuk Ujian Akhir Semester Tipografi adalah penerapan font tersebut dalam sebuah poster produk atau bentuk promosi produk tersebut.
Saya sendiri menggunakan Buah Manggis, Buah bulat kecil segenggam tangan yang rasanya manis. Jadi, sekalian saja saya membuat poster manfaat dan sebuah deskripsi dari Manggis.

Tulisan gede berwarna itu font bikinan saya. (klik untuk memperbesar)


You Might Also Like

5 komentar

  1. "Ayo Makan" sangat menggambarkan dirimu Kur #kidding
    *run run small*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya lebih simpel ._.
      Ah hidupku penuh makanan bang tolong bang..

      Hapus
    2. Tolong? Tolong bagaimana dek Jakur ( '-')?

      Hapus
    3. saya masih tidak kuat melihat makanan, bang ( . .)

      Hapus
  2. keren bgtt ceritanya gan :D ,ane jga ntr lg uas ni smt 3,sma 101 ide .. bkin pusing dluan :V

    http://faishalmajid.blogspot.com/

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!