NOKIA X: Hands-On

  • Selasa, April 15, 2014
  • By Reza Kurniawan
  • 3 Comments


Ponsel Android rasa Lumia yang sedang hangat-hangatnya di luncurkan di Indonesia. Dengan hanya 1 tipe Nokia X saja yang tersedia di Indonesia, jadi tidak ada pilihan lain dari seri Nokia X ini. Saya bukan pengguna ponsel yang suka menyiksa, saya tidak akan membahas Nokia X ini dengan mendalam, tapi secara singkat dan sebagai pengguna biasa. Iya, saya hanya merasakan ponsel Nokia X ini secara sekilas.

First Impression : Enak Digrepe-grepe!

Engga perlu lama untuk tangan saya beradaptasi dengan ponsel ini. Ukuran layar 4 inchi yang enak dipandang, terlihat padat dan termasuk baik dengan harga 1,5 Jutaan. Nyaman, Serta bahan dari ponsel ini tidak terlihat murahan di kelasnya. Nokia X benar-benar Android rasa Lumia, tampilan ponsel dari AOSP (Android Open Source Project) yang telah di modifikasi dengan menjadi Nokia X Platform 1.0. Oh yeh, Nokia sekarang sudah mengalah kepada pengguna setia nya.

Jujur, saya senang dengan tampilan Nokia X Platform ini. Mungkin karena saya sudah terlalu sering menggunakan tampilan android biasa, dan banyak sekali yang bisa membuat mata saya dimanjakan dari Nokia X. Tampilan yang indah dan bersih. Ya, Saya suka tampilan seperti ini.


Tapi, saya bisa mencoba tampilan dengan Go Launcher yang biasa dilihat di ponsel Android seperti biasanya. Ya, Sejak awal saya mencoba device ini sudah dipasang tampilan dari aplikasi pihak ketiga. namun tampilan default Nokia X dapat dibuka lewat aplikasi bernama “Launcher”. Jadi, buat kalian yang mau beli ponsel dengan opsi mau rasa Nokia atau android, bisa pilih ini. 

Kamera belakang 3.15 MP tanpa autofokus, tanpa kamera depan. Kamera belakang sudah bagus, tapi sayang kamu tidak bisa narsis untuk ngirim foto selfie ke pacar atau teman-teman kamu di jejaring sosial. Paling opsi paling akhir kamu harus membeli monopod atau yang ramai disebut Tongsis (Tongkat Narsis). Juga keluaran speaker yang besar. iya, hanya besar dan sanggup bersaing dengan keramaian suasana pusat perbelanjaan yang sedang ramai. Seriously, Ponsel ini bersuara besar, namun tidak cukup renyah di telinga.

Processor Dual-core 1.0 GHz Cortex-A5 Qualcomm MSM8225 Snapdragon S4 play dan RAM 512 MB. Spesifikasi seperti ini cukup untuk gamer casual dan pengguna jejaring sosial dan hanya menggunakan ponselnya bukan untuk dipaksakan keberadaanya. Halah.

Dengan Spesifikasi seperti itu, kamu jangan berharap bisa menginstal segudang aplikasi yang menggunakan banyak RAM. Kamu harus bijaksana menggunakan aplikasi. Kalau kamu tukang ngeluh karena nggak bisa install game-game berat dan selalu bete karena hapenya lemot, mending kamu beli hape yang lebih mahal aja. karena fakta ada harga ada kualitas berlaku di sini.

Untungnya untuk kamu yang suka boros simpen lagu atau vidio, Nokia X masih menyediakan slot micro SD. Nah, untuk kamu yang masih sedih nggak bisa nge-game dan harus bijak dengan aplikasi, kamu bisa balas dendam dengan isi musik dan film sampai kamu bisa seharian mesra-mesraan sama ponsel ini. Eits, baterai ponsel ini nggak bisa dipakai seharian penuh kalo kamu maenin terus-terusan karena kapasitas baterai adalah 1500 mAh. Jadi ya, manja-manjaan dengan ponsel ini ya harus di rumah. Tapi untuk pengguna yang nggak suka tengokin atau kepoin doi lagi ngapain, nggak usah khawatir untuk masalah baterai.

Saya dengar penjualan Nokia X ini laku di Indonesia. Malah habis terjual Mungkin. Buset, rasanya penggemar nokia masih loyal dengan menunggu ponsel ini. Jika luar regional di sini juga ramai, kamu jangan khawatir kalau kamu bosan dengan Nokia X yang begini saja. Pasti komunitas yang sama-sama memiliki ponsel mu akan membuat sebuah Custom ROM, yaitu Operating System untuk ponsel mu yang telah di modifikasi sesuai kebutuhan pengguna mulai dari tampilan, performa dan sebagainya.

Semua tergantung kepada penggunanya sendiri. Saya juga bekas pengguna Nokia Zaman dahulu yang sampai saat ini masih suka bentuk dari ponsel Nokia. Overall, saya suka bentuk ponsel ini. Selalu tertarik dengan dimensi kotak dan warna-warna ceria yang tersedia.



Image source : http://www.nokia.com/id-id/

You Might Also Like

3 komentar

  1. Kayaknya kalau buat saya kurang di RAM sama.. Kamera depan .______.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat narsis ngirim foto ke pacar ya, kamu? XD

      Hapus
    2. Kembali lagi ke kalimat "karena fakta ada harga ada kualitas berlaku di sini" , hehe. mba ini gmana..

      Hapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!