[Review] Lenovo A8-50 A5500

  • Kamis, Agustus 21, 2014
  • By Reza Kurniawan
  • 5 Comments

Dahulu kala saya hampir selalu tidak suka tablet, sama sekali malas untuk menggunakan gadget yang ukurannya besar dan fungsinya sama dengan handphone. Ya, saya beranggapan demikian karena OS (operating system) yang digunakan kebanyakan sama dengan handphone yang saya gunakan. Bahkan, dengan ukuran yang besar, berat, dan tidak praktis untuk dibawa kemana-mana tersebut membuat saya semakin ragu akan fungsi tablet.


Kemudian ketika saya semakin tua, semakin malas untuk menggunakan laptop untuk membaca, ataupun terus membawa laptop itu kemana-mana. Atas nama praktis dan tentunya lebih ringan daripada laptop, akal sehat saya mulai membentuk pikiran bahwa saya membutuhkan sebuah tablet.

Ya, Tablet.



Saya memilih tablet Lenovo A8-50 5500 HV


Dengan budget yang apa adanya, dan ukuran 8 inchi yang saya butuhkan, tablet ini cocok dengan saya. 

Lupakan soal spesifikasi yang banyak dan review- review seperti biasanya, kamu bisa cek spesifikasi di GSMarena dan searching sendiri review seorang profesional dan lain lain. Saya akan review penggunaan harian dan fungsi tablet yang saya butuhkan, seorang pengguna harian.

Lenovo A8 (bawah), Samsung Galaxy 7 Plus (atas)


Pertama, mari kita lihat bentuk dan desain nya. saya membandingkan tablet lenovo a8 ini dengan tablet samsung 7+, kenyamanan di genggam tidak terlalu jauh. Bahkan, genggaman lebih mantap karena ukuran layar lebih besar, daya cengkram tangan lebih mantap dan luas. Dapat dicatat di sini, tangan saya berukuran lebih besar dari tangan biasa, jadi rasanya lebih nyaman memegang tablet 8 inchi dengan tangan saya. Layar depan dengan lapisan seperti tablet android kebanyakan, dan case belakang putih yang doff  membuat case belakang tidak mudah kotor. Case belakang cukup baik.

Masuk ke bagian dalam. Layar nya IPS LCD terbilang bagus, tajam,dan cukup untuk berlama-lama untuk digunakan. Layar Samsung Galaxy tab 7+ kalah tajam, dan lenovo A8 ini lebih responsif  digunakan karena gadget yang masih baru, dengan bandingan Galaxy tab 7+ tahun 2011.

Processor yang digunakan adalah Mediatek MT8382 Quad Core 1.3 GHz Cortex A7. Tentu kamu yang mengerti akan tahu bahwa walaupun Quad Core, yang berarti 4 processor, akan kalah performa dengan processor Quad Core dengan tablet branded high-end lainnya karena chipset yang digunakan adalah Mediatek. Namun jangan takut, untuk penggunaan harian tablet ini sudah cukup nyaman. tidak ada lag dan saya sudah menggunakan untuk tes game Cytus yang sangat lancar, dan Asphalt 8: Airbone yang lancar dengan setting tampilan Low. Ya, low. Saya lebih nyaman dengan Low, daripada Medium yang terkadang patah-patah, mengganggu kenikmatan bermain. Lagipula jika ingin bermain game dengan High Defitinition lebih baik di PC.

RAM yang digunakan sebesar 1 GB, yang berarti kamu bisa mengisi banyak aplikasi dan membebani ruang kerja tablet ini cukup banyak. Saya pun menggunakan banyak aplikasi yang membebani banyak RAM, masih tersisa paling sedikit 300 MB. Itu cukup untuk menikmati kelancaran performa tab ini dari berat yang berlebihan, bisa dibilang aman.

Kamera belakang 5 MP, dan belakang sebesar 2 MP, yang bisa dibilang biasa saja. Dari awal saya tidak terlalu membutuhkan fitur kamera dari gadget ini, karena saya lebih menggunakan kamera dan ponsel. Jadi, Cukup lah untuk foto biasa dan sekadar vidio call dengan teman atau pacar. asal, Jangan di tempat gelap, kualitas nya menurun drastis, sangat drastis karena Lenovo tab A8 tidak mempunyai flash.



Yang bisa dibanggakan dari Lenovo tab A8 ini adalah dual speaker nya. jika digunakan untuk mendengarkan lagu lebih terbagi kiri dan kanannya, bahkan, ketika kamu nonton film dengan Lenovo tab A8 ini, sensasinya akan lebih menarik. Mungkin ini berkat fitur Dolby yang ada, ada memang karena speaker nya berjumlah dua.  Pokoknya, poin menarik yang membuat saya untuk nyaman menggunakan Lenovo tab A8 adalah dual speaker nya.

nonton anime 720p dengan speaker stereo
Fungsi kartu sim ( untuk versi HV yang saya gunakan) bisa digunakan untuk telepon dan SMS sangat berguna. di saat darurat mungkin bisa digunakan menelepon seseorang, namun jangan lupa membawa headset mu (tentu headset yang kamu beli sendiri, karena lenovo tidak menyediakan headset untuk pembelian tablet ini).

Ketika digunakan untuk harian, Tampilan Launcher dari bawaan Lenovo tab A8 cukup praktis. Tanpa menu dan ikon aplikasi semua ada di desktop. Jadi ketika kunci tablet dibuka, kamu tinggal mengusap ke kiri atau ke kanan untuk melihat aplikasi yang tersedia di tablet ini. Bagi saya ini cocok bagi yang suka praktis dan tidak mau pusing dengan yang lainnya, Lenovo sudah memikirkan pengguna nya sampai sejauh itu.

Namun sayangnya itu tidak selalu cocok dengan selera saya.

Nova Launcher jadi pilihan, karena saya lebih memilih tampilan dan ikon yang bisa diubah sesuka hati. Jadi bila ada ikon aplikasi yang saya tidak suka dan kurang tajam, saya menggantinya agar tampilan Lenovo tab A8 ini lebih baik.

Kabar baik nya, ternyata Lenovo juga banyak menggunakan aplikasi bawaan (bloatware) dengan lebih baik. Layanan dari Lenovo juga bagus. Bloatware yang berguna, dukungan hingga Android Kitkat ( sudah update 2x semenjak membeli tablet ini).

File Browser, aplikasi explorer yang sungguh berguna bagi pengguna tablet, dan tidak melupakan tampilan UI yang baik dan indah. Juga ada Dolby, Moive Studio, Kingsoft office yang nyaman digunakan  (juga setelah update), To Do yang tidak ribet, Power Manager, Txtr Ebooks yang bisa membuka banyak format ebook, Juga Share It yang bisa digunakan untuk transfer file, apapun yang ada dari Lenovo tab A8 ke PC, juga ke iOS, juga sebaliknya.

Setelah digunakan selama 3 hari, Penggunaan baterai Lenovo tab A8 sudah standar banyak gadget android yang bisa dibilang rata-rata.

Begitulah.

Penggunaan Lenovo tab A8 ini sebenarnya adalah pembagian tugas yang dapat meringankan handphone saya. Sebelumnya, saya menggunakan semua kebutuhan sehari-hari dengan handphone, dan sekarang, ada gadget yang bisa digunakan untuk meringankan berat kerja dari handphone saya. Saya menggunakan handphone untuk komunikasi, dan tab 8 inchi ini untuk hiburan. Aplikasi messenger di handphone, dan  musik, film, game, dan buku-buku digital ada di tablet tersebut. Tablet ini sudah cukup tangguh untuk menahan beban hiburan yang saya butuhkan.

membaca ebook


Kesimpulan


Tablet Lenovo tab A8 ini cocok digunakan untuk orang yang butuh hiburan dengan layar yang lebih besar, juga dengan budget yang tidak terlalu besar. Mungkin juga cocok mengganti tablet kamu yang sudah berumur beberapa tahun, juga yang malas membawa laptop untuk digunakan harian. Bahkan, fungsi telepon dan SMS dapat digunakan untuk versi Lenovo tab A8 a5500 HV. Mungkin kamu juga bisa menggantikan tablet ini sebagai posisi gadget  utama dan meninggalkan handphone mu, namun kamu tidak akan menikmati ketidaknyamanannya karena ukuran yang cukup besar.







You Might Also Like

5 komentar

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!