9 Aplikasi Android Favorit Tahun 2014

  • Rabu, Desember 03, 2014
  • By Reza Kurniawan
  • 1 Comments

Banyak aplikasi bertebaran di Google Play store. Mulai dari permainan, game, dan juga buku (sementara hanya itu saja yang dijual di Indonesia). Di akhir 2014 yang indah ini, saya ingin ikut-ikutan Google Play Store dengan memuat aplikasi-aplikasi yang terbaik yang saya gunakan di tahun 2014.
Mulai dari Aplikasi hiburan, hingga aplikasi penunjang produktifitas.

Namun, karena banyaknya pilihan aplikasi di Google Play Store, seringkali banyak orang yang kebingunan memilih mana aplikasi yang cocok dengan nya. Mungkin, post ini dapat membantu seseorang yang kesulitan memilih aplikasi yang cocok untuk Android nya. Untuk pengguna baru pun, memaksimalkan ponsel nya dapat membantu produktifitas. daripada hanya menggunakan ponsel untuk selalu eksis di sosial media, saya akan memberikan 9 aplikasi yang dapat membantu kalian menggunakan Android ke tahap berikutnya.

Dan inilah aplikasi yang saya gunakan di tahun 2014:

Pushbullet - Free

Gunakan Aplikasi ini Ketika mengerjakan semua kerjaan di laptop, dan nggak bisa jauh jauh dari info atau notifikasi dari semua yang ada di Smartphone mu. Kecuali jika kamu mengerjakan pekerjaan dengan serius, tanpa mau diganggu notifikasi apapun, lewatkanlah aplikasi ini. Pushbullet adalah aplikasi untuk notifikasi yang dapat dibagikan ke berbagai perangkat lain. Simpel sih, tapi kadang perlu juga.
Misalkan, Mengerjakan tugas dengan serius, tapi jika sedang menunggu sms atau email dari klien yang tidak bisa di tunda. Dua-duanya prioritas, dan tidak bisa dikesampingkan. Nah, disinilah Pushbullet berguna. Mungkin agar kalian tidak terlalu terganggu dengan nada dering Smartphone, bisa diganti dengan modus Silent, dan notifikasi tetap muncul di Laptop kalian ( Dengan memasang aplikasi Pushbullet di laptop)
Contoh Lain : Lagi browsing, lihat timeline twitter atau aplikasi apapun, melihat bacaan menarik, namun sayang kuota internet yang kalian punya sudah mau habis (dan kalian sangat irit untuk membali pulsa karena keterbatasan dana). Kalian bisa mengirim tautan bacaan menarik tersebut ke aplikasi Pushbullet, lalu dibaca di device lain, maupun untuk dibaca lain kali.


Fleksy Keyboard – Free/Paid

Sebuah aplikasi yang menjadi dasar untuk mengetik. Beberapa bulan lalu saya melihat demo video tentang Samsung Smartwatch Gear S (dengan OS Tizen), Lalu melihat keunggulan Keyboard ini.  Saya coba cari di Google Play Store, Lalu menemukan Aplikasi ini juga tersedia di Android.
Ketika mencoba aplikasi Fleksy Keyboard (Versi Free tentunya) Terasa lebih nyaman digunakan, dan lebih indah. Kenyamanannya dibuat beda dengan keyboard yang tersedia di Google Play Store lainnya. Fleksy Keyboard membuat mengetik lebih menyenangkan, dan juga keren. Yang paling saya suka adalah Penggunaan spasi dengan Swipe/Menyapu keyboard ke kanan, Swipe kiri untuk menghapus tulisan, dan untuk titik dua kali Swipe. Dengan tambahan option skin Keyboard yang berwarna, aplikasi ini lebih menyengangkan. Juga, Tampilan Keyboard tanpa Spasi. Ya, karena fitur spasi itu bisa menggunakan swipe. Buat apa menggunakan tombol spasi yang besar dan menghabiskan porsi layar hanya untuk menggunakan spasi?
Oh well, akhirnya saya menggunakan versi pro dari Fleksy Keyboard karena aplikasi ini sungguh membantu Produktivitas.
Tapi, ada satu kekurangan. Mungkin lebih tepatnya kurang sempurna. Karena dukungan bahasa Indonesia yang masih dalam pengembangan, Fitur Autocorrect pada Swipe belum maksimal untuk Indonesia (kecuali kamu mau input satu-persatu untuk di input ke dictionary Fleksy, untuk saat ini).

MusicXMatch - Free




Musik selalu menemani lantunan dan gelombang semangat mengerjakan tugas. Kalau mau mengerjakan dengan terburu buru dan butuh waktu cepat (mungkin dikejar deadline), saya mendengarkan musik yang lebih nge-rock dan lebih banyak beat-nya, dan jika ingin menikmati tugas dan ingin lebih menghayati tugas, musik santai dan mendayu-dayu didengarkan, atau menggunakan playlist 100 top Billboard.

Setelah banyak aplikasi musik saya coba, saya memilih MusicXMatch.

Seperti pilihan hidup.

Saya suka dengan User Interface nya, Saya suka dengan fitur Lyric dan Floating Lyric nya.  Se-Simpel itulah saya menyukai nya. Tidak banyak aksesoris pengganggu yang membuat User Interface nya lebih terkesan bersih dan juga rapih. Fitur Lyric dan Floating Lyric berguna bagi kalian yang ingin menghapal lagu dan menyanyikannya. Oh iya, mungkin ada fitur yang jarang saya gunakan, yaitu fitur Sing. Menyanyikan lagu seperti fitur karaoke. Ya, ada lirik dan fitur karaoke dimanapun kalian berada. Mungkin ini lebih menyenangkan daripada aplikasi musik yang lain.

And, That's it.


Material design, material design everywhere. Google sudah sadar akan panduan desain untuk Operating System nya. Karena, semua juga butuh diatur agar enak dilihat. Ya, material design cocok di mata saya. Bahkan, Saya telah mengunduh lebih dulu (Google Calendar) sebelum tersedia secara resmi untuk di unduh hanya untuk menikmati keindahan Material Design. Animasi yang lincah dan menyenangkan, serta tampilan yang flat, namun lebih berwarna.

Gmail - Free
Material Design, dan juga fitur tambah akun dari akun lainnya selain google. Tampilan dan Tambahan akun mungkin sedikit sepele. Namun bagi saya, Tampilan yang baik akan membuat pengalaman menggunakan aplikasi lebih puas dan…. Bahagia. Tambahan akun lain yang bisa digunakan dalam Gmail pun lebih berguna daripada menggunakan aplikasi email lain, dan membuat beban memory Android mu.

Google Keep – Free

Terimakasih atas tambahan fitur Reminder yang baru-baru ini ada, dan juga Material Design. Dari awal rilis, Google Keep memang sudah lebih berwarna dan mungkin sebagai langkah awal google menggunakan Material Design. Yang saya suka dari Google Keep adalah fitur Tambahan Reminder nya, yang sebelumnya tidak ada.  Saya kembali menggunakan Google Keep setelah fitur ini ada.
Saya biasa menggunakan Google Keep untuk catatan yang cepat dan kebutuhan sehari hari, dan saya simpan Widget di Desktop dan, saya gunakan widget di lockcreen. Fitur Share juga mungkin berguna, Untuk membagi Reminder dan daftar belanjaan kepada adik atau siapapun.









Google Calendar - Free

Material Design. Cuma itu saja.
Tapi karena Material Design, saya kembali menggunakan aplikasi Google Calendar. Sebelumnya Saya malas untuk menggunakan Google Calendar karena tampilannya yang membosankan dan saya biarkan begitu saja, karena aplikasi bawaan/bloatware sulit di hapus jika bukan dengan akses Root. Dengan tampilan ilustrasi di setiap bulan nya, dan tanggal penting yang berwarna-warni, membuat saya rajin untuk merapihkan agenda setiap hari. Dan produktivitas bertambah karena ada agenda penting yang lebih berwarna selalu terlihat di depan mata.

Nova Launcher – Free/ Paid

Aplikasi launcher yang tetap bertahan hingga sekarang, dan terus berusaha berimprovisasi dengan iklim Android. Ya, Saya ingat saat pertama menggunakan Android dengan Galaxy 5 (Five). Bukan ponsel Samsung dengan ukuran 5 inchi, ataupun Samsung Galaxy S5 yang sedang eksis tahun ini. Tapi ponsel android 3,5 Inchi yang satu darah dengan Samsung Corby. Saya masih ingat, Banyak tombol fisik, tombol atas-bawah-kiri-kanan masih terlihat menonjol dan menggunakan Android Éclair. Di saat itu pula, saya perna mencicipi Nova Launcher.
Saat ini, Di setiap Android yang saya gunakan, saya selalu menggunakan Nova Launcher.
Tampilan Home dan Drawer yang seperti android kebanyakan. Tapi kenapa harus Nova Launcher?
Saya menyukai Nova Launcher karena kostumisasi nya yang cukup untuk saya. Bisa mengganti ikon dan nama dari aplikasi yang di install. Sederhana, namun itu cukup membuat ponsel saya begitu terasa menarik.
Tampilan Menu/Drawer yang terbaru saat ini pun sudah mengadaptasi tampilan android Lollipop. Ya, aksen putih yang digunakan membuat tampilan lebih bersih. Mendukung tampilan ponsel yang saya gunakan dengan Custom ROM Cyanogen Mod.


Advanced Download Manager -  free

Ingat Internet Download Manager pada PC windows?
Ya, Aplikasi itu persis dengan Advanced Download Manager (namanya pun hamper sama, kan)
Mengikuti kesuksesan Aplikasi pada PC, Advanced Download Manager bisa membuat saya menggunakan fitur downloader ini selalu pada Tablet Android  (dan bahkan saya hampir melupakan PC untuk mengunduh anime di tiap minggu nya.
Dengan kecepatan operator yang sedang normal, saya selalu menggunakan Advanced Download Manager. Bagian unduh yang dibagi hingga 5 bagian, membuat aplikasi ini hampir sempurna seperti IDM di PC. Ada Fitur Planning dan Only via Wifi.



WPS Office - Free

Microsoft Office jarang saya gunakan lagi ketika sedang malas untuk membawa bawaan yang berat di tas. Saya cukup menggunakan Tablet, dan saya mengetik dengan menekan layar pada layar berukuran 8 inchi. Di awal penggunaan, kelihatannya cukup sulit, tapi selanjutnya lebih menyenangkan. Tentunya bukan untuk penggunaan lanjutan.
Aplikasi ini Sering saya gunakan untuk membaca e-book dan juga mengetik di fitur Writter nya. E-book yang saya baca dapat di zoom-in dan zoom-out dengan lancar, juga dapat saya bookmark jika mata sudah lelah.
Writter pada WPS Office ini cukup lengkap untuk kebutuhan sehari-hari jika tidak membutuhkan fitur lanjutan dari PC. Saya beberapa kali mengetik dengan WPS office dan tidak menemukan kendala yang berarti, nyaman di Tablet 8 Inchi yang saya gunakan. Juga fitur marker stabile yang kadang saya gunakan untuk membaca kembali dan saya ingin mengingat sesuatu dari artikel yang di tulis.




Itulah beberapa Aplikasi favorit saya di tahun ini.
Banyak yang bisa di lakukan dengan gadget, dan juga kostumisasi yang luas, sehingga saya  tidak cepat bosan untuk berhenti mengoprek gadget Android saya. Jika berganti-ganti gadget android dari yang satu ke yang lainnya pun, tidak perlu ribet membackup semua data yang penting. Data data gambar dan sejenisnya bisa di backup lewat kartu memory, dan data seperti kontak, jadwal penting, dan sejenisnya bisa di backup ke akun Google, dan kita tinggal log in dan VOYLA! Semuanya sudah seperti gadget kita yang sebelumnya.
Mudahnya kostumisasi pada Android lah saya tetap menggunakan Android. Daripada oprek-oprek yang lain, saya lebih memilih mengisi waktu dengan oprek Android, dan juga, Aplikasi untuk oprek nya pun sangat banyak, mungkin lain kali saya post di sini.

You Might Also Like

1 komentar

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!