Hewan Serba Ada di Taman Safari

  • Rabu, September 09, 2015
  • By Reza Kurniawan
  • 3 Comments



Waktu masih Sekolah Dasar, Saya selalu menonton acara hewan-hewan di televisi. Maklum, anaknya pendiem banget, dikasih makanan sambil nonton juga beres. Ingat sekali jika ada layar putih muncul kadal hijau, kemudian ada jerapah, monyet, dan lain sebagainya berlarian. Bergerombol. Bebas , lompat dari dahan satu ke dahan lainnya. Senang banget melihatnya. Semenjak itu pula, saya ingin melihat banyak sekali hewan secara langsung.
Ya gimana ya, melihat yang nyata itu lebih lama ingatnya. Hewan-hewan di Indonesia juga bagus-bagus. Keragamannya luar biasa. Masa kita sampai nggak tahu bentuk aslinya dan.. Cuma lihat di layar datar? 
 
Saking pengen lihat hewan yang buanyak, Saya sampai mahir menyerupai suara Kucing, anjing, kambing, ayam babi, dan… gitu deh. Banyak.

Akhirnya kesampaian tuh, study tour ke Taman Safari Bogor bareng guru dan orang tua. Senang dong? Ya pastiiii. Wong biasanya lihat di tv, melongo dan Cuma bisa naikin alis sampai lupa caranya ngedip. Cuma, ya.. tau lah ya kalau study tour, naik bis, terhalang dan.. posisi kita lebih tinggi dari hewan-hewan. Berasa diberi jarak yang lumayan jauh, nggak sih? berasa LDR tipe nanggung. Kan sebel.

Akhirnya bulan Agustus lalu kesampaian deh ke Taman Safari. Nyetir sendiri. Untungnya ditemenin si Adik, Rizka dan anak kecil yang masih SD, Aril. Malah rame-rame berisik. jadi macet-macetan di jalan nggak ngebuat bete. Eh tapi, tapi, diperjalanan betenya plang toko yang kebanyakan Bahasa Arab, sempet bingung deh ini di Bogor atau Mekkah.

Sebelum masuk kawasan Taman Safari, banyak penjual sayuran, khususnya wortel. Di mana-mana berjejer. Mirip akang-akang yang nawarin brosur kredit motor di pinggiran jalan Gunung batu di Bandung, Ripuh gitu. Karena sebelumnnya sempat ragu cuma beli 10 rebuan, dikit doang. Si Penjual nawarin 20 rebu dapat banyak. Tapi emang ngasih makan binatang di sana boleh? Lah biasanya hewan di kebun binatang gitu pnya diet ketat kan, ya?
Mau ngasih makan hewan yang di pinggir jalan gitu malu-malu dulu. Pas ada petugasnya nyumput-nyumput, ngeri di suruh push up atau suruh ngepel lender unta, kan ngeri.  Etapi pas liat pengunjung lain ngasih makan santai aja, kami juga ikutan. Terus daripada nggak enak hati terus-terusan, nanya aja ke petugas yang lewat lagi boleh ngasih makanan atau enggak. Eh ternyata boleh. X))

Ngasih makan rusa. Kelaparan nih yeee. (photo by: Rizka)


Tapi ploong. Mending nanya ke abang petugas nya. Jadi kalau di tegur petugas yang lain, bisa nyalahin petugas yang udah ngasi izin nya. Muehehe

Hewan yang lewat di samping mobil yang beneran mepet itu bikin seru, teriak-teriak histeris karena takut tapi mau ngasihin wortel ke hewan yang lewat. Gemes. Mikirin tanduk banteng yang hampir ngegores cat mobil karena antrean pengunjung padat. Kerumunan Banteng berlarian, ramai di tengah kemacetan kami. Terus, terus, Mereka makannya lahap banget. Sempet mikir, ini pada nggak dikasih makan apa ya sampe makannya napsu-napsu semua. Sampai ada yang jilat-jilatin kaca mobil. Lah kita nya juga serem kalau kepala hewan nya masuk dan… stok wortel yang di beli tadi sedikit. Maafkanlah kami ya hewan-hewan kelaparan..

bang abang abang petualang.

Sampai di area parkir mobil, kami pun bergegas makan siang di depan Gajah yang kelaparan pengin di lemparin wortel rebus yang ada di makan siang. Terus abis makan siang kami banyak naik wahana yang tersedia gratis dari tiket terusan yang dibeli di awal masuk Taman Safari. Ada roller coaster mini, ada wahana yang mirip hysteria di Dufan, rumah hantu dan masih banyak lainnya. 

Seru, seru banget untuk dijelajahi seharian penuh. Banyak juga jadwal atraksi hewannya, tapi Cuma sempat nonton Atraksi Gajah sore harinya. Kami keasikan keliling ke kandang-kandang burung, macan dan kangguru. 

Orang utan ini bakal kasih pose malak kalau kamu cuma foto foto aja.


Mengunjungi Taman Safari beneran seru, beneran dekat dengan hewan. Nggak boleh dilewatin, apalagi untuk tujuan berlibur bareng anak-anak. Saya aja yang udah berkumis ini doyan dan masih heboh aja untuk datang. Bisa ngasih makan hewan, lihat perilaku hewan,  mengedukasi anak-anak.
Lagi pula siapa coba yang nggak suka hewan?

You Might Also Like

3 komentar

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!