Motivasi, Desain, dan Fashion

  • Rabu, Oktober 07, 2015
  • By Reza Kurniawan
  • 6 Comments



Cibaduyut merupakan sentra pengrajin sepatu yang sangat besar di Bandung. Pamornya sudah diakui. Siapa yang nggak tahu? Hampir semua orang yang ditanya di mana untuk bisa membeli sepatu yang bagus dari produk lokal pasti jawabannya Cibaduyut. Orang-orang memberikan gambaran bahwa tempat itu adalah pusatnya sepatu lokal yang berkualitas.
Dikutip dari Galamedia, penjualan di Cibaduyut saat ini mulai lesu. Terlihat dari berkurangnya toko yang menjajakkan sepatu khas dari sana. Yang ditemukan sebaliknya, produk lokal yang berkurang, justru banyak produk internasional yang ditiru. Merk lokal pun ada yang ditiru, dibuat seperti aslinya dan dijual di sana dengan harga yang berbeda. Malah, banyak yang menjajakkan produk luar dari Cibaduyut dan menjualnya di sana. Istilahnya menumpang dagang di sana, dan bagus atau tidaknya produk itu tidak jelas.
Mungkin masalah ini terjadi karena ketatnya persaingan dan lesunya ekonomi global. Gairah untuk membuat inovasi pun hilang. Lenyap bersama beban kehidupan yang ada saat ini.
Sumber foto: Tribun  Jabar

Tidak sedikit yang gulung tikar. Ada juga yang bangun dari mati suri, contohnya bisnis sepatu yang dijalani Ineu Rahayu. Gadis asal Cibaduyut ini mempunyai ambisi yang besar untuk dunia fashion, khususnya di bidang sepatu. Ia melanjutkan bisnis ayahnya yang sempat lesu pada tahun 2012. Ia mengubah image sepatu ibu-ibu yang diusung ayahnya, dan mengubahnya ke image anak muda yang kebutuhannya semakin tinggi di pasaran.
Mau menjadi Ineu yang selanjutnya? atau kamu ingin menjadi pesaing Ineu?
Kabar baiknya, ada sebuah wadah yang dapat membuat inovasi itu tidak akan padam, yaitu Fashion Crowd Challenge. Sebuah kompetisi untuk penggiat fashion dan ekosistem yang mendukungnya.
Kamu bisa ikut berkompetisi di sana. Jika menang, pelaku industri sepatu di Cibaduyut pun mendapatkan modal untuk usaha jika bisa menang kompetisi FashionCrowd Challenge. Jika kamu bukan pengrajin di sana, atau kamu seorang desainer? atau..... mungkin kamu tertarik untuk menjadi seorang desainer? Kamu bisa coba peruntungan di sini.

Tapi, tapi, apa sih FCC 2015? apa sih Fashion Crowd Challenge? kok kayaknya kompetisinya susah begini? harus bikin sepatu, terus kirim ke mereka? atau, apa saya harus jadi desainer yang keren terlebih dahulu untuk mengikuti kompetisi ini?
Nggak! Nggak! Sabar dulu, kita telaah satu-persatu.
Fashion Crowd Challenge atau biasa disingkat FCC adalah Kompetisi di mana fashion di nilai dengan gaya baru dengan menggunakan internet dengan penilaian khalayak umum di mana saja. FCC 2015 ini kesempatan yang baik bagi desainer dan merk-merk lokal yang sulit untuk menembus pasar internasional dan dapat menemukan banyak potensi-potensi yang luar biasa.
Caranya mudah, tinggal submit desain, banyak-banyak berdoa lalu menang. Kalau kamu menang, kamu akan mendapatkan hadiah uang dan bantuan teknis untuk mencapai pasar internasional. Semua itu hanya dengan mengikuti Fashion Crowd Challenge.
Karena ini berbasis internet, model yang terpilih untuk acara Fashion Crowd Challenge pun adalah para pendaftar yang menggunakan sosial media, yang khusus di pilih oleh juri sebelumnya. Keren, ya? 
Sementara untuk desain fashion yang di daftarkan, bukan juri saja yang menilai. Pengguna dan penggiat sosial media pun dapat menilainya dengan berpartisipasi sebagi juri dari Fashion Crowd Challenge.
Kabar baiknya, kamu nggak perlu mengeluarkan duit sepeserpun, bahkan masukkan lagi saja receh kamu ke kantung celana, karena kompetisi di Fashion Crowd Challenge ini gratis. Teu kudu mayar.
Cukup daftar melalui website-nya, unggah karya kamu. Selanjutnya biarkan dunia melihat karya kamu, masterpice kamu. Perlihatkan potensi kamu, dan selanjutnya biarkan orang-orang, atau yang bisa disebut Crowd memilih karya-karya yang ada. Nggak ribet kan, ya? 
Walaupun Fashion Crowd Challenge ini nggak ribet, tapi hadiahnya bisa bikin konsentrasi kamu buyar, soalnya kamu bisa mendapatkan total hadiah $100,000!
Nah, Selain penggiat fashion, Kalau kamu merasa pede buat menilai kemampuan dari peserta-peserta yang ada di FCC 2015, kamu bisa juga menjadi juri. Iya, juri. orang yang menilai kompetisi ini secara Online. Yang pastinya harus punya ketelitian yang tinggi, punya jiwa yang kritis, selera yang tinggi, dan juga punya objektivitas yang baik. Kalau itu semua kriteria dirimu, Kamu bisa berpartisipasi sebagai pemilih desain-desain yang ada di Fashion Crowd Challenge
Tertarik?
Langsung aja ke website Fashion Crowd Challenge, ya! [atau klik di sini]
Mulailah untuk mengembangkan ide dan buatlah industri lokal lebih bertenaga.
Soalnya, ini kesempatan desainer fashion Indonesia untuk go Internasional!
Karena, mungkin ini kompetisi global desain fashion Indonesia 2015 yang bakal buat kamu menyesal untuk dilewatkan.
Oh ya sampai lupa. Kalau kamu, kamu, dan kamu nggak ada bakat untuk jadi kompetitor di atas, dan cuma bisa nulis-nulis seperti saya di blog ini, Kamu bisa ikutan lomba blog tentang FCC 2015 yang diselenggarakan oleh NHC Communication. sssstttttt, hadiahnya juga asik, asik!
Jangan lupa, hashtag #dukungfashionindonesiafcc2015 itu juga digunakan, ya!

Semangat ya! Semoga kamu, aku, dan kalian termotivasi!


You Might Also Like

6 komentar

  1. waw gratis tapi hadiahnya itu loh luar biasa.
    harus banyak yang ikutan nih baiar makin rame siapa tau dapat hadiahnya

    BalasHapus
  2. Hadiahnya gede juga ya, tapi nggak ngerti dunia fesyen. Hahaha

    BalasHapus
  3. gila $100 bro, sayang saya gak punya bakat di bidang fashion

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!