Jalan-Jalan Ke Singapura

  • Rabu, November 18, 2015
  • By Reza Kurniawan
  • 14 Comments



Jalan-jalan. Hal indah yang gampaaang banget diucap setiap manusia. Tapi, pada kenyataannya nggak selalu ada momen yang pas buat jalan-jalan. Lihat sekitar kamu deh, nggak sedikit orang yang emosinya gampang panas, disulut dikir bibirnya merah, urat-uratnya keluar. Kalau itu terjadi dengan sekitar kamu, bahkan kamu, usahain untuk tandain kalender untuk ambil liburan. Jalan-jalan, ke mana aja. Mau ke kota sebelah, mau keliling mall, santai-santai di taman kota. Terserah.

Sebagai contoh, gue punya temen. dia orangnya pinter, pinteeer banget untuk urusan akademik. tapi pas lihat sosial media yang dia pake, isinya keluhan semua. Keluhan sama kehidupan dia, kuliahnya, pemerintahnya (dan tetek bengek apapun di dalemnya). Semua keluhan itu tertuang di sosial media. Kadang, ada aja berita yang nggak jelas sumber nya di bagi-bagi ke seluruh timeline-nya. Kebencian yang di sebar. Padahal beritanya belum tentu benar. Sebel nggak, sih? udah sekolah tinggi-tinggi tapi ilmu analisisnya nggak di pake, ya minimal kepo gitu cari tahu apa yang terjaid sebenarnya. Terus sekolah buat apa? :(

Kan Kezel.

Sama kayak tingkat stress gue yang udah pada puncaknya, gue juga berusaha meluangkan waktu untuk jalan-jalan. Cari udara segar.  Ke mana? Singapura, dong. Untungnya diajakin, dan nggak perlu repot-repot nulis daftar kunjungan ke mana aja, karena udah ada rombongannya. Di sana bisa jalan-jalan tanpa repot pikirin tujuan, karena baru kali ini ke sana. Masih buta tentang Singapura. Jalan-jalan pake guide, nggak usah repot. Nggak sesuai keinginan? Nggak asik karena diatur orang lain? Biarin. Wek.  Lagi nggak mau repot, udah repot sama tugas-tugas di kampus.

Bisa jalan kaki sepuasnya sampe gempor. Karena baru kali ini bisa liat trotoar yang lebar-lebar dan enak dipandang mata. Sebelumnya emang nggak pernah keluar negeri juga, maen di kandang aja, gitu. Terus, ke mana-mana jalan kaki, atau naik bus dan MRT.  Rasanya seneng banget, bisa ngerasain angkutan umum yang layak dan bikin betah lama-lama. Tapi nggak bisa lama juga, sih, nggak ada macet nya. Sebel.

Lah, nggak macet malah ngeluh.

Negara kecil yang elo-elo bisa kelilingin dalam sehari, suasananya nyaman dan meskipun nggak ada adem-ademnya, tapi elo bisa ambil nafas dengan tenang. Kecuali kalo pada doyan belanja, dompet bisa megap-megap menguap nggak karuan karena banyak yang bisa dibelanjain.

Belanja? Belanja yang gini aja, ya :))


Kalo udah capek keliling kota, bisa mampir ke uncle ice cream. Es yang punya berbagai macam rasa diselimutin dengan roti tawar. Pernah keringetan terus nggak sengaja ngebanjur air ke muka terus di usap dengan handuk? iya, rasa uncle ice cream ini segernya begitu. Sejuk di awal, dilanjutin sama lembut. Mirip-mirip sama es doger gitu, lah ya. Bedanya es krim ini lebih mild aja.























Kota yang benar-benar dipercantik dengan baik. Sepanjang mata memandang nggak bisa bosen, Walaupun isinya tembok beton tembok baja, tapi nggak mengurangi rasa kagum sedikitpun. Setiap kali melangkah, kepala sibuk gerak kemana-mana kayak joystik. Kiri kanan atas bawah, sampe lemak di leher bisa sampe pada luntur semua.

Kalau jalan jalan di Singapura itu nggak cukup siang hari aja. Tapi kamu semua harus nyobain jalan-jalan sampe malam. Karena sumber kemegahan kota dengan tembok dan baja adalah cahaya kotanya!





























Bikin segar, kan?

Banyak bangunan ikonik yang nggak bisa dilihat di tempat lain. Nggak cuma gedung tinggi yang menusuk-nusuk langit yang tingginya sampe menyindir hidung kamu, tapi di gang-gang sempit juga kadang ada aja yang seru untuk di lihat. Mulai dari mural, sampe toko-toko yang lucu buat dipake foto-foto aja (iya, nggak modal).


Di Singapura selama 3 hari benar-benar menyimpan rasa.  Kagum akan desain visual yang tersampaikan penuh kepada khalayaknya, masyarakatnya, turis asingnya. Karena sebenarnya nggak ada persiapan yang matang dan ada musibah keluarga juga, nggak bawa kamera dan... dikit deh foto-foto nya. Lihat kan foto-foto diatas yang nggak karuan banyak bintik-bintik noise yang nyebelin itu? 

Jadi, lain kali mau ke Singapura lagi. Itu harus. Kudu, Pasti!
Karena mau gantiin foto-foto yang berbintik itu, Mau jajan makanan lebih banyak, Mau keliling kota lebih jauh.
Jadi, siapa yang mau bareng ke Singapura lagi, yuk?



(nggak ada yang mau bareng? yowis aku sendiri sajah, nggak bakal nyasar jalan-jalan sendirian di Singapura, mah) #apeu #sombong








You Might Also Like

14 komentar

  1. Asik Jalan-jalan! :D

    Yok kesana lagi, tar ku biarin...

    BalasHapus
  2. keliling singapur sama jaa kalik ya kayak keliling jakarta. kalau nggak ada halangan, juni 2016 nnti gue ke sg juga.. udah pesen tiket :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah iya, kayak keliling Jakarta!
      tapi dengan segala kemajuan yang udah rapih, nanti Jakarta juga nyusul, kok :3

      Hapus
  3. wah asik ke singapur... aku juga nih sepertinya sudah mulai #kurangpiknik, nunggu ada yang mau nyulik..... ke planet sebelah deh gapapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Planet sebelah, ram? Planet hollywood, apa planet sports nih? X)

      Hapus
  4. Saya baru sampai niat aja mau ke singapur sebsagai single backpacker. Semoga kesampaian. *ceritanya minta restu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuatkan niatmu, Pri.*ngasih sungkem*
      Ke singapur sana nggak usah takut nyasar. hohoho

      Hapus
  5. Tapi kan.. Cuci muka pake air lagi keringetan dan panas itu ga baik :<

    Lebih enak kalo ke Singapura terus naik kereta ke Malaysia terus ke Thailand terus ke Laos terus ke Vietnam. #ntap
    *ngayal babu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarkan, muka ku sudah baik :PP

      Belum sampe thailand atau laos, pas di perbatasan malaysia nanti bengong loh X)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Ini banyakan kok rombongan, cuma nggka punya foto banyakannya :(

      Hapus
  7. okeeee. bikin berhasil pengen ke singapura :(

    BalasHapus
  8. singapura memang negara yang maju dan bersih sekali, jalan-jalan disana pun seru, bukan hanya nyaman tapi banyak tempat wisata juga..

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!