Ujian Akhir Semester : Pengenalan Komputer II

Di semester pertama, ada mata kuliah yang namanya Pengenalan Komputer. Kirain mata kuliah ini mempelajari apa itu komputer, isi daleman komputer dan nama komponen-komponennya gitu. Tapi, Ketika Mata kuliah ini berlangsung, setiap pertemuan, pasti belajar tentang Microsoft Office. Pertama Word, Excel, terus Power Point. Oh, gitu ya.

Menjelang Semester 2, Ada lagi yang namanya mata kuliah Pengenalan Komputer 2. Wah, Apa ini season kedua pembelajaran software mikocok lagi?
Ternyata salah. Mata Kuliah Pengenalan Komputer 2 di semester 2 ini mempelajari tentang olah grafis dengan basic vektor. Software berbasis vektor kan ada Corel Draw, Adobe Illustrator dan sejenisnya. Nah, di kampus Unikom pakai Adobe Illustator.

Kebetulan, dosen Pengenalan Komputer 2 ini nggak beda jauh selera visualnya kayak saya. Condong ke visual untuk anak-anak. Dari yang dia tunjukin di awal-awal perkuliahan. Wah, saya cukup tertarik dengan karya-karya Pak Setia ini.

Di dalam perkuliahan juga dia dosen yang seru ( ya kebanyakan dosen DKV di Unikom seru semua, sih). Mau nanya juga jadi nggak perlu malu-malu. Tapi, sekelas kalo ada yang di tanya sama Pak Setia ini, nggak ada yang bertanya. Mungkin anak-anak DKV 3 sukanya bertanya ya, daripada di tanya. hehe

Dari desain tracing desain logo, tracing karakter saya pelajari di sini. Proses yang diawali dengan sketsa dahulu, pewarnaan, apapun.

Oh iya, Tracing itu Seni, loh. Buat kamu yang suka jelek-jelekin orang yang suka tracing, telen gih omongan kalian sendiri. Banyak klien (dari pengalaman Pak Setia. terutama dengan basis vektor) menginginkan foto atau sejenisnya di mirip-miripin, Karikatur. Mungkin kamu yang benci orang yang suka tracing dengan hasil asal-asalan gitu. Tapi kalo tracing yang berkualitas, kamu masih mau menghina?

Pak Setia sendiri suka dapet klien yang ingin karikatur semirip mungkin, Bahkan ingin lebih di-ganteng-kan agar lebih enak dipandang mata.

Setelah satu semester dilatih untuk berbagai macam-macam visual, mulai dari Visual dari buku manual yang hitam-putih, Kemasan produk, bikin bangunan, balapan tracing logo-logo, sampe ujian tengah semester dengan karakter ciptaan sendiri terus di cetak ke ukuran A4.

Lalu, Ujian Akhir Semester dikasih Desain Cover Novel. Jengjet~




Syarat dan ketentuan berlaku :




Di awal-awal masih santai. Soalnya soal ini dikasih pas minggu terkahir perkuliahan dan minggu depannya adalah minggu tenang. Terus dikumpulin minggu kedua UAS (UAS dilaksanakan 2 minggu) Lama-lama tangan harus dipaksa bikin sketsa, di scan, terus tracing di Adobe Illustrator.




Berkali-kali bikin sketsa. Mulai dari full badan sendiri. Tapi jadinya jelek. Gendut. Ya sudah, nyali saya sudah menciut duluan. Terus kepikiran karakter Light, dia kan langsing dan keren-lucu-cubitable. Nah, Penggabungan kepala saya dengan karakter Light yang bisa disebut cosplay inilah yang jadi saya realisasikan. Kepala Light sengaja saya peluk di badan, berharap Pak Dosen berpikir kalo itu helm dari Astronot. Dan yang lebih penting, saya menjadi langsing di sketsa itu. 




hasilnya. eh ada perbedaan di logo penerbit. yang dicetak udah di revisi logo penerbitnya :))



setelah dicetak, berikut sketsa.




Saya menyukai desain anak-anak. Warna yang lembut dan karakter yang... lucu.

Semoga ini nggak mengecewakan, ya. :)
Amin.



You Might Also Like

22 komentar

  1. Wei, keren banget artwornya.
    Bisa kali buatin karakternya "jeje"
    kali aja bisa dibuatin comic strip apalah namanya itu..
    heu heu heu~

    BalasHapus
  2. ciee keren bisa bikin cover novel.. mangat bang jakuur :D

    BalasHapus
  3. kalo gue bikin buku nanti bikinin covernya yah haha

    BalasHapus
  4. udahlah Kur... diet aja diet. jangan cuma langsing di gambar. percuma. kenyataannya perutmu masih tiga dimensi~

    BalasHapus
  5. waha baguuuus, iya warnanya kalem diliatnya juga enak. sukses mas :)

    BalasHapus
  6. Keren artwork-nya, bang!(y)
    Jadi pengen bisa nge-gambar kayak begituan terus bikin artwork sendiri

    Entar kalo gue bikin buku, lu aja ya yang bikin covernya. Muehehhe. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar aja, den! daripada nganggur pas jomblo X))

      siaaaap! bisa diatur!

      Hapus
  7. wah bang, kayaknya cocok tuh kalo gambarin muka saya, kan lebih ke desain anak-anak gitu hahaha :p

    BalasHapus
  8. bagus banget kak ._. kayak novel beneran aja ._. warnanya juga light banget, ringan banget, suka deh .w.b

    BalasHapus
  9. Ternayata anak DKV juga :o bagus tuh covernya :) hehe. Kebetulan aku masih sekolah di seolah seni rupa jur. DKV juga, boleh kali ya kak kalau kuliah minta bimbingannye XD

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!