[Review] Cytus + Hidden Song [Update]

  • Kamis, Agustus 22, 2013
  • By Reza Kurniawan
  • 16 Comments

Kalo lagi sedikit menganggur kadang-kadang suka bosen sendiri. Daripada bengong sampe badan mengecil, mendingan bermain game. Khususnya mobile game.

Nah, Game yang sering saya mainkan akhir-akhir ini berjenis musik. Tahun kemaren sih udah beberapa nyoba game yang jenisnya seperti ini, Hanya Tap Sonic yang melekat di hati. Sayangnya, game itu nggak tersedia di gadget yang saya dan beberapa teman saya miliki. Atau mungkin emang nggak tersedia di Indonesia? Mungkin. Pada saat itu saya hanya mencoba versi crack yang kadang suka hang. 

Nah, kebetulan saya mulai suka bermain game (lagi). Setelah mencari, dan mengorek beberapa referensi dari website seperti gamesaku.com. Saya menemukan game 02 Jam. Tapi setelah bermain, saya kurang puas dengan gameplay-nya. Tidak se menarik Tap Sonic. setelah mencari lagi, ada game yang menjadi list 'related' dari game musik yang saya cari. Namanya Cytus.

























Well, yang saya lihat pertama dari game ini adalah artwork. Saya awalnya ragu untuk mendownload game ini, karena ukurannya yang hingga 200 MB-an. Dan yang paling penting, gratis. untuk update saat ini sih versi berbayarnya (in-app purchase) meliputi level 7-8 dan loading sebelum bermain lebih cepat. Untuk versi gratis, Kita bisa menikmati dari chapter 1 hingga chapter 6 yang satu chapter-nya mempunyai 10 lagu. di chapter bawah, untuk versi gratisan, loading hanya 10 detik di chapter awal, dan 50 detik di chapter atas. Tapi, untuk yang malas untuk membeli versi berbayar, sepertinya sudah cukup untuk menikmati game ini dengan santai. Untuk yang ingin mendukung developer dan menikmati fitur sempurna dari game ini bisa membelinya.

Di awal permainan, kamu akan diberi tutorial singkat. ada note tunggal, note panjang, dan note berbaris. note tunggal hanya sekali ketuk, note panjang untuk ketukan panjang, dan note berbaris untuk diikuti gerakan garisnya.


Untuk satu chapter terdapat tingkatan kesulitan mudah dan sulit. biasanya, untuk tingkat kesulitan mudah dari level 1 hingga 5, dan tingkat kesulitan sulit dari level 6 hingga 9. Jangan salah, level kecil di chapter lebih tinggi dapat lebih sulit loh, ya. Setelah permainan selesai, kamu biasanya mendapatkan skor S, A, B, C, dan Fail. Untuk tingkat skor A, kamu harus mempunyai point kesalahan yang benar-benar sedikit, Bad dan Miss yang sedikit. Untuk nilai S, kamu tidak boleh mempunyai kesalahan sama sekali.


Saat permainan berlangsung, kamu hanya perlu menekan tombol-tombol acak tanpa ada batas banyaknya tombol yang tersedia. Menurut saya ini adalah nilai plus dari Cytus. Artwork dan musik yang berkualitas juga nilai tambah yang sangat saya apresiasi dari game Cytus ini.
Ah iya, musik dari permainan ini bercita rasa Jepang. Begitu juga artwork yang tersedia di setiap menu nya.

Untuk kamu yang menyukai permainan, musik dan artwork yang menarik, kamu nggak boleh ketinggalan game ini.

Game ini tersedia di Google Play, Apple App Store, dan Play Station Mobile.

Saya juga membuat sebuah battle game dengan menggunakan permainan diatas antara saya dan @dioartha. Selamat menikmati. :D




UPDATE : Lagu Spesial Yang Tersembunyi [Hidden Song]

Di akhir akhir ini saya penasaran dengan adanya kabar Cytus mempunyai lagu yang disembunyikan. Saya kira awalnya cuma kesalahan system game yang salah. Tapi setelah saya mencari tau di internet, saya menemukan beberapa lagu yang memang mempunyai lagu spesial yang tersembunyi pada game Cytus (Hidden Song) 

Chapter 1
VERVERG: Tunggu cahaya obor yang dipegang wanita hingga berwarna oranye (orange) lalu tap pada cahaya itu. Ulangi bila mengubah mode easy/hard.

Chapter 2
PRECIPITATION: Slide dengan 2 jari kebawah pada judul lagu. Ulangi untung mode easy/hard.
ETRANCE : Geser kedua sayar hingga ke tengah secara bersama-sama, jika sudah menyatu, Game akan memulai otomatis.

Chapter 3
SAIKA: Tap 2 tanda bertuliskan Jepang bergantian, ketika semua sudah berwarna biru mulailah game. 

Chapter 7
L: Tekan dan tahan huruf L besar di tengah sampai cahaya pada huruf menjadi warna merah atau biru untuk tahap selanjutnya.

Chapter 8
O SLIT:  2 lagu tersembunyi. slide menyerong dari atas kiri ke bawah kanan atau sebaliknya.

Chapter 9
FIRST GATE : Tap pada tulisan 'FIRST GATE' dan tulisan OVERDRIVE akan muncul dalam warna merah.


You Might Also Like

16 komentar

  1. apakah anda siap untuk ini ? www.cytuscompetition.com

    BalasHapus
  2. Makasih bang udah review game ini. Udah donlot dan gamenya emang joss =)) walopun masih sering fail sih._.

    BalasHapus
  3. Ada lagi gan di chapter 2, lagu "Enterance" itu secretnya ada 2, drag sayap kanan ke sayap kiri, atau drag sayap kiri ke sayap kanan

    BalasHapus
  4. Holy knight kesukaanku, klo kmu??? :v

    BalasHapus
  5. Freedom dive dan qualia dongg...

    BalasHapus
  6. hiden track jadi versi dangdut gak ada,??

    BalasHapus
  7. hidden track jadi versi dangdut gak ada yah,,, :3

    BalasHapus
  8. gan ada yg tau nggak game seperti cytus tp muter lagu di memoricard sendiri? kalo cytus kan di sediain dari sononya jd gg bisa pilih lagu di mmc

    BalasHapus
  9. Ada rahasia yg blm ditulis mas yaitu lagu ENTRANCE chapter 2 geser sayap kanan ketengah

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!