Ujian Akhir Semester: Komputer Aplikasi Desain Web

  • Rabu, Agustus 07, 2013
  • By Reza Kurniawan
  • 7 Comments

wah, mata kuliah ini menarik sekaligus bikin kepala pusing.
Kamu awalnya asik-asik aja bisa nge-desain tampilan website di Photoshop. Selanjutnya, kamu bisa pusing sama kode-kode yang kamu gunakan demi sebuah desain web yang...... lumayan.

itu beberapa kata yang bisa saya kasih buat mata kuliah ini.
Ujian akhir semester ini berada di semester 2. Nah, sebelumnya di semester 1 ada juga mata kuliah Komputer Aplikasi IT, yang bakal berlanjut menjadi Komputer Aplikasi Desain Web.

Di semester 1 itu, awalnya kamu dikenalin sama yang namanya notepad. Siapa sih yang nggak kenal notepad? Software bawaan dari komputer yang satu ini sebenernya bisa bikin sesuatu yang hebat. Termasuk membuat sebuah website. Keren? Jelas keren!

Dengan notepad ini, di tiap pertemuan kuliah kamu bakal di bimbing sama dosen dari awal. Mulai dari membuat sebuah tulisan bertingkat mulai dari yang besar hingga kecil pada sebuah halaman web yang super-duper simpel. Dikasih background warna polos, hingga background berformat jpg.
Mungkin diawal-awal kamu bisa santai. kesulitan mulai terasa pas kamu mendekati UTS. Iya, entarnya kamu dikasih kuis, terus kamu kerjain UTS. Yaiyalah.


Untuk UAS semester 1, tugas nya adalah membuat sebuah website yang berisi hasil karya-karya kita masing-masing gitu. Terdiri dari beberapa halaman, dan harus ada halaman 'gallery' nya. 


Di semester 2, Ketemu lagi dengan mata kuliah yang hampir sama, Komputer Aplikasi Desain Web (KADW). Di semester ini, desain web kamu lebih di utamakan lagi. Dengan bantuan software-software yang lebih bagus tentunya. Adobe Dreamweaver contohnya. 

KADW ini bukan terpaku dengan Adobe Dreamweaver saja. Bukan, KADW bukan mempelajari tentang software Adobe Dreamweaver saja. Tapi, Karena software tersebut banyak digunakan oleh kebanyakan orang, maka kami juga menggunakan software tersebut.
KADW ini mempelajari tentang desain web yang lebih mendalam dan lebih terasa kesan desainnya.

Gimana nggak kerasa, kuliah ini memberi kami tahapan-tahapan desain web yang sebenarnya. Mulai dari corat-coret kertas untuk konsep, memulai desain mockup dengan Adobe photoshop / Adobe Illustrator, lalu di selesaikan dengan koding di Adobe Dreamweaver.
UAS nya juga membuat sebuah website pribadi yang mempunyai halaman portofolio, juga didahului dengan sketsa kasar, mockup, lalu koding-nya dengan referensi 960 sistem grid. Hasilnya, saya memaksimalkan tampilan website tersebut dengan jquery dan smooth scrolling agar lebih menarik.

Terima kasih bu Irma yang udah jadi dosen selama saya selama 1 tahun. \( ^ ^)/


































***

Di post sebelumnya, saya kasih kamu lagu yang (semoga) enak di dengar. Band teman dekat saya, mungkin kamu pengen coba dengar lagu buatan anak Serang. Mau coba? klik disini
di post tersebut ada artwork saya juga. ^ ^
Atau, kalo kamu malas untuk membuka link tersebut, kamu bisa play langsung lagu itu di widget dibawah ini.



You Might Also Like

7 komentar

  1. Kodenya kalo ga dibuka pake notepad biasa rumit sekali ya kak ._.

    BalasHapus
  2. hebat. gue aja anak IT belum ngerti banget kur haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo IT kan emang lebih rumit, kan dev?
      ada mysql dan yang lain-lain gitu. nah gue cuma desain sama kodingnya dikit :3

      Hapus
  3. ngihihi gue html belajar ngedit2 sendiri.. kalau bikin ampun dah gue belum dapet sik wkwk.. ehh kyknya malah ga dapet :D btw kebetulan mau bikin web gitu cuman portal yang isinya link menuju blog dll.. saik sih :D

    BalasHapus
  4. Kuliah di dkv ya?

    Makan tuh dkv :p
    *kabur*

    BalasHapus
  5. Gue lebih suka make Dreamweaver dr pada notepad :D

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!