Android One?

  • Minggu, Februari 08, 2015
  • By Reza Kurniawan
  • 5 Comments

Sumber: Android.com


Inget nggak, tahun-tahun yang lalu, ponsel macam gimana yang kalian gunakan?
tahun 2009 ke belakang sih kayaknya hape semakin kecil, tipis dan cantik sebuah hape maka makin keren dan beken (waw, saya masih menggunakan kata itu) citra seseorang. Inget nggak, deretan hape mana aja yang pernah kalian pegang, dari awal hingga akhir, saat ini tentunya.

Saya ingat, pertama kali resmi menggunakan hape itu pas SMP. Dikasih Nokia N-gage QD, yang notabene nya henpon gamer yang berbentuk seperti roti sisir, bumerang, atau pisang digepeng yang punya keypad khusus game. Bahagia banget dong, dapat hape + fitur penunjang game. Kedua, saya pindah haluan menggunakan hape dengan fitur musik sebagai andalannya, Nokia 5300 Xpress Music. Seketika itu juga saya merasa lebih keren menggunakan ponsel dengan tombol shortcut untuk musik di samping hape.



Ketiga, dengan segala kesadaran dan bertambah nya selera yang semakin tinggi (ceile), saya memutar haluan menggunakan ponsel dengan embel-embel classic. Yaitu Nokia 5120c. Gile lo kur, Nokia Fanboy banget awal-awal punya hape (yoih, soalnya yang lagi terkenal kan, Nokia banget). Entah ada angin apa, saya memilih hape yang terlihat lebih simpel, elegan, dan mejadi lebih kecil ukurannya (setidaknya itu yang ada di pikiran saya waktu itu). Oh ya, nggak lupa fitur 3G! Video call yang saat itu sedang banyak diberitakan dan digosipkan mempunyai kecepatan lebih daripada 2G, yang nyatanya tidak demikian, dan ya, walaupun begitu, dengan senang hati saya termakan oleh iklan untuk membeli fitur tersebut. Hidup iklan!

Keempat, lagi-lagi dengan jiwa fanboy yang nggak ketulungan, saya kembali memilih Nokia. Yang menurut emak, nilai jual kembali Nokia gede, jadi dijual lagi gampang, Lah dasar emang nggak mau rugi, dan bukan pemilik saham utama, saya meminang Nokia 5630 Xpress Music. Tahu kenapa? (nggak penting juga. Tapi yaudahlah, kalian masih baca juga)

Dengan memikirkan pengalaman mempunyai berbagai macam hape yang ini-itu nya selalu ada kelebihan sendiri, yang kekurangan nya juga nggak kalah banyak. Setelah introspeksi nafsu sama gadget, Saya browsing, cari refrensi dengan beli majalah dan tabloid hape (iya, referensi saya masih media cetak banget. Tapi emang enak kok, megang media cetak, kita bisa raba-raba sampe bosen lihat tu gambar). Akhirnya fitur yang saya pilih dengan pertimbangan yang matang sekali dengan wishlist sebagai berikut:

1. Pernah punya N-Gage QD, berarti masih ada feel untuk punya hape dengan spek agak tinggian. Saya ingin punya hape yang berprocessor besar.
2.Pernah punya hape musik, Nokia 5300 Xpress Music. Dengan experience seperti itu, saya ingin mempunyai hape dengan fitur musik, setidaknya sama dengan yang dahulu.
3. Pernah punya hape elegan (ceile lagi) yaitu Nokia 5120c. Hape yang kecil, tipis, dan manis. Setidaknya hape mendatang harus mempunyai DNA yang mirip-mirip dikit, lah.

Dengan 3 daftar seperti itu, dan dengan keinginan alam bawah sadar, saya memang memilih hape yang sesuai keinginan, yang didasari oleh pengalaman.

Kelima, Saya mulai menggunakan Android, sekitar tahun 2009.

Ceritanya, saya langsung berubah jadi fanboy Samsung demi sebuah Android.
We call it, Galaxy 5.
(APAH? itu galaxy series baru itu, kan? Iya kan? Kok bisa ke masa depan gitu? kok lo canggih, sih?)

Bukan, tenang.
Samsung pernah ngeluarin hape awal-awal kehadiran Android dengan nama Galaxy 5. Nggak tahu kenapa angka nya langsung jadi bengkak gitu. Bentuknya mirip banget Samsung Corby.

Saya bahagia, menggunakan smartphone yang benar-benar bisa diajak pinter, nama series OS nya juga manis, Android 1.6 Donut. Bisa ngapain aja, walau di sisi transisi di zaman  nya dua kali ketuk layar untuk zoom gitu, deh.

Pokoknya untuk selanjutnya sih pakai Android sampai sekarang. Rasanya feel menggunakan sebuah hape yang bisa dioprek selalu ada di angan-angan. "Hape ini punya saya, ya harus semau saya, bisa kayak di film-film gitu, unik, semau gue".
Soalnya, kalau udah bosen begini, bisa jadi begitu. Dioprek dengan mengakses Root, Instal Custom ROM kalau bosan. Jalan terakhir yang biasanya membuat saya menghabiskan waktu, dan membuat mainset di otak bahwa mengganti dengan Custom ROM, saya pun merasa mempunyai Hape baru. Cara itu yang paling efektif bagi saya untuk tetap bertahan.

You will think it's useless. Tapi sayangnya saya memang lagi nggak ada kerjaan.
Ngitung hape apa aja yang pernah kalian pegang. Suruh siapa masih di baca, hayo?

Pikirin deh, saatnya upgrade hape ke yang lebih baik, atau engga?


Dengan pengalaman yang sok banyak tentang hape, gadget, atau ponsel begini, saya pikir Android One adalah sebuah ide bagus. Setidaknya untuk pengguna hape yang ingin migrasi ke Android, ataupun smartphone.

Karena pada awal saya menggunakan Android pun, saya merasa banyak yang bisa dikerjakan dan lebih mudah di lakukan dengan sebuah hape yang berukuran tidak lebih dari sebuah buku catatan kalian saat ini.
Dengan embel-embel dukungan update Android terbaru langsung dari Google selama 2 tahun.
Diperhatiin. Sama. Google.
Mungkin itu menjadi pilihan tepat.
Lah, siapa yang nggak pengin diperhatiin? ngaku aja. :P


Karena setiap update android terbaru, bahkan hape flagship (andalan) merk-merk kece yang bertebaran diluar sana pun masih suka telat update, paing cepat itu 3-6 bulan. Malah, kalau bukan hape flagship, hape kalian kemungkinan nggak bakal diurus update-an nya sama tu perusahaan. Jadi ya, Setiap ada update Android yang baru, Android One bakal jadi prioritas juga karena ada Google dibelakangnya. Menghantui kalian.

Setelah ada update baru, lalu kalian bakal ngerasain (setidaknya beneran ngerasain) punya hape baru lagi, dengan hape yang masih itu-itu aja.
Lagian, apasih yang di butuhin di hape? di Android One udah ada. Setidaknya semua mencukupi.

Maen game, layar udah cukup besar.
Foto pemandangan depan rumah, sampai selfie manyun bebek pun masih enak dilihat.
Proccessor udah bisa maen Line Let's Get Rich tanpa lag (eh serius, di hape spek agak tinggi aja masih suka lag, loh).
RAM, Random Acces Memory yang berukuran seperti itu, Mau install banyak aplikasi dan nyala secara serentak kompak pun masih enak. Line, BBM, Whatsapp, malah Facebook yang berat segede gambreng pun masih ngangkat.

Ya setidaknya, Kamu bisa punya hape yang aman di pegang sampe dua tahun ke depan. Karena urusan hidup kan bukan soal-menyoal hape aja. Masih banyak urusan hidup kamu ke depan. Setidaknya sisihkanlah duit buat beli rumah masa depan, biar aman maen game Line Get's Rich nya, ya.




You Might Also Like

5 komentar

  1. Teknologi berkembang begitu pesat, ya. Belom juga puas mainin hape dengan teknologi ini, udah keluar hape dengan teknogi itu. Mana harganya kadang mahal, kadang beda tipis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget. Bikin konsumtif banget kalo nggak dibatasin. Beli ini eh keluar yg baru, kan jadinya nggak puas puas hahaha

      Hapus
  2. kayaknya aku sudah ngerasain punya hampir seluruh merk HP deh, dari siemens, samsung (yg monokrom dan masih ada antenanya), sony erricson, nokia, dan terakhir ini emang samsung karna androidnya. Tapi dulu pengen banget punya n-gage... tapi gak kesampean :(

    sekarang emang lagi mau ganti HP sih. era sekarang itu sadis, teknologi gak cuma maju, tapi berakselerasi. dulu HP beberapa tahun baru ketinggalan zaman dan merasa perlu diganti. Sekarang, setahun dua tahun aja udah ketinggalan. Yang paling maksa buat ganti HP itu RAM sama memori internal. RAM dan memori internalnya segitu-gitu aja, tapi aplikasi selalu harus update dan makin makan tempat, lama-lama kepenuhan sendiri dan maksa buat ganti HP. Walau memori internal bisa diakalin dengan ngeswap, tapi RAM nya itu.. aplikasi makin kesini makin berat, jahat ih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw, hape monokrom udah pernah pake. Pernah sih, pake hape monokrom nokia, cuma ya sehari doang dipinjemin orang tua pas tes masuk SMP, jadi nggak ngerasa megang da cuma untuk telepon sekali.. doang :/

      Iya, akselerasinya berasa cepet banget, rasanya sedih ya X)
      nah iya, tahun 2015 ini udah mulai ramai hape yang pake sistem 64 bit. Kalo nggak salah, itu bakal ngebuat besaran aplikasi nambah gede lagi, kebutuhan RAM yang lebih besar dan makin banyak kebutuhan lain, deh. harus siap-siap lagi, jahat :(

      Hapus
  3. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!