Pujasera Merdeka!

  • Sabtu, Desember 12, 2015
  • By Reza Kurniawan
  • 16 Comments




Anak-anak ganteng dan geulis di Bandung pasti tau dong tempat yang lo bisa keliling dan bener-bener kumplit dari buku, baju, sama barang-barang elektronik. Daerahnya sering jadi pusat kemacetan pas akhir minggu, saling berdekatan, dan deket balai kota Bandung.
Namanya?

Jalan Merdeka.

Di jalan Merdeka sono, Ada BIP (Bandung Indah Plaza), toko buku Gramedia, dan BEC (Bandung Elektronik center). Kumplit. Anggaplah satu keluarga punya selera yang beda semua, si Mamah doyan belanja, Papah doyannya sama elektronik, dan si Anak sukanya baca buku seharian. Keluarga kamu beda selera, nggak se hati, tapi bahagia, pasti cocok kalo ke Jalan Merdeka, di Bandung. Semuanya lengkap, deh. Tapi karena kamu nggak tau gimana masa depan dompetmu karena terlalu terjerumus kepada kehidupan hedon yang nggak ada abisnya, bisa aja kamu lupa sama jatah belanja nggak dipisah sama jatah buat makan. Mata aja dipuasin, lah perut dikeroncongin aja, bro.

Kalo yang hidupnya tiap hari bisa gunting-guntingin duit buat jadi hiasan dinding sih nggak masalah mau belanja sepuasnya. Tapi, kalo hidupnya kebanyakan yang dipengin, belanja ini itu tapi makan aja harus diitung sampe butiran nasi nya aja dipermasalahin, kamu pasti bingung buat makan di Jalan Merdeka. Untungnya, Tuhan itu baik. Ngasih cobaan nggak pernah dilewat batas kemampuan manusia. Nggak ngasih makanan diluar batas dompet kamu, ada yang namanya Pujasera Merdeka. Pusat Jajanan Serba Ada.

Pujasera itu adalah di mana kamu bisa makan tapi bingung ngeliatin banyaknya menu yang ada. Lebih formalnya sih, tempat di mana gerai-gerai makanan tersedia yang menawarkan aneka menu variatif yang biasanya ada di pusat perbelanjaan, mall, universitas, atau sekolah yang modern.

masuk ke tangga, jangan khawatir, ya! kamu nggak salah masuk, kok.





Lokasinya bisa ditempuh dari jalur keluar Gramedia Merdeka dan BEC, tepatnya di jalan Purnawarman mengikuti jalan raya sedikit. Pujasera tersebut ada di atas Soes Merdeka, yang pastinya di lantai dua. Di dekat parkiran motor, agak ke dalam dan ada tangga ke lantai dua, seperti caption di atas.

Kenapa Saya merekomendasikan Pujasera ini?
Karena buat Kamu-Kamu yang doyannya belanja di pusat kota, yang masih pengin dibilang anak nongkrong, tapi dompetnya udah jadi setipis  kartu remi di pos ronda, kamu, keluargamu, atau teman-temanmu bisa tetep makan enak dan nyaman, berasa ada di café karena lokasinya di lantai dua (lah emang ngaruh? Nggak sih, tapi bisa liat pemandangan, bwek).  Apalagi buat kamu yang bawa rombongan teman-teman sekelas, yang misalkan kamu ditodong traktiran ulang tahun, lepehin aja teman kalian di Pujasera ini.


Buat kamu yang suka bosen liat menu-menu yang sama setiap hari, kamu nggak bakal bosen ke tempat yang satu ini. Menu makanan yang ada itu luas. Angkot Cimahi-Leuwi Panjang aja kalah luas. Dari nasi rames, makanan jepang, seafood, soto, ayam, lotek, dan masih ada lagi. Soalnya itu baru judul-judul gerainya aja, belum lagi sub menu pelengkap menu utama dari gerai tersebut.  Buat yang beneran cekak, kamu bisa milih  nasi rames. Mau yang segar, bisa pilih seafood. Mau hangat atau sehat, bisa pilih soto atau lotek. Segala jenis makanan ada. Jadi nggak ada alesan buat kamu yang suka bawa teman yang rewel tentang jenis makanan yang dia makan harus begini, begini, dan begini.
Bayangin aja, ada teman ngintilin kamu seharian dan laper. Ada yang nggak suka ayam, nggak suka seafood, terus ada lagi yang suka alesan aneh aneh nggak suka nasi. Eh, siapa sih yang ga suka nasi? Bukan anak Indonesia, ya? Hu, nggak asik (lah?). Kalau udah begitu, kamu pusing mau maraban budak-budak riweuh the kumaha. Nanya ahli gizi jauh, nanya ustad nggak mungkin. Pilihan kamu Cuma seret teman-teman kamu ke Pujasera Merdeka, dan suruh milih sendiri makanannya. Kalau nggak mau juga? Kasih aja kerupuk. Beres. Kurang mantep makan nya? Bayangin aja Isyana makan bareng kamu. :P


Menu ayam berikut tempe tahu

Ayam lagi, tapi pake keju, giung edan.



suasana di dalam. mejanya banyak kan kan kaaan?

suasana dari dalam ke luar.


Jadi, tempat ini cocok buat kamu yang udah puas-puasin napsu hedon seharian. Buat kamu yang biasanya hidup dengan gaya tinggi, tapi pengin makan yang masih manusiawi di kala doku udah melempem. This is how we live. Gengsi? embuh, yang penting duit cekak nggak masalah, masih bisa mengeruk kenyang dari tempat yang ada di lantai dua ini. Enaknya dapet, kenyang dapet, pemandangan (jalanan macet, gedung, tembok) dapet, terus udah gitu pilihan makanan bejibun. Pilihan hidup mana lagi yang mau kamu dustakan?


You Might Also Like

16 komentar

  1. Barudak Bandung mah kudu tau pujasera atuh hahaha salah satu yg favorit juga nih. Enak tapi murah euy. Tempatna oge enakeun

    BalasHapus
    Balasan
    1. kudu banget! Kalo nggak tahu pujasera, bukan anak Bandung, ya :DD

      Hapus
  2. Kalau dibanding sama Jakarta, Pujasera ini mirip Pasar Santa kali yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya gitu, pri. Dulu pengin banget ke pasar santa, mau bel barang yang diincer yang jualannya di sana doang. Eh gajadi, takut nyasar di Jakarta. :(

      Hapus
  3. berhubung gue bukan anak bandung, maka jalan merdeka masih asing di telinga gue. biasanya yang gue kenal cuma.. jalan dago, pvj, dan kawan-kawannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah bagus dong, jev. Kalau kapan kapan ke Bandung, jadi bisa tahu duluan dan bisa mampir. Buat cadangan aja kalo lo nyasar dan butuh makan murah. Hahahaha

      Hapus
  4. Pernah ke bandung sih tapi belum tahu semuanya masih penasaran sama tempat-tempat yang ada di bandung, dan jalan merdeka juga kayaknya aku belum pernah ngelewatin ini deh hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau belum pernah, berarti tempat ini kudu banget di datengin, sih.

      Hapus
  5. Duh, daerah bandung...
    besok tahun depan sih rencananya mau ke bandung :))

    enak kayaknya tuh ayam. kayak ayam dikasih kecap

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayam dikasih kecap mah bikin di rumah juga bisa, yu. =___=

      Hapus
  6. Whoaaa... harga makannya pada manusiawi ya. Rasanya kayaknya surgawi gitu. Yang ayam keju lucu tampilannya. Jadi pengen ngelahap :D

    Pujasera itu kepanjangan dari Pusat Jajanan Serba Murah ya? Di Samarinda juga ada yang namanya Pujasera. Tapi tempatnya kayak kantin gitu. Nggak di lantai dua kayak di Bandung. Huhu.

    BalasHapus
  7. Sering bolak-balik BIP tapi baru tahu tempat ini. Kapan-kapan dicoba, ah :)

    BalasHapus
  8. tahunya cuman nasi padang depan kampus kur..

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!