Takut Belanja Online?

  • Sabtu, Desember 05, 2015
  • By Reza Kurniawan
  • 26 Comments




Pernah nggak sih, di suruh beli barang tapi bawaannya males terus, soalnya kita lagi asik-asiknya istirahat, males-malesan di kasur. Belum lagi kalo misalnya cuaca lagi nggak mendukung, misal ada hujan badai atau panasnya terik silau banget mirip-mirip sama sepatu om om yang klimis bening menyilaukan batin. Udah gitu, mamah atau papah yang nyuruh kamu beli barang, atau belanja itu ngomongnya nggak santai. Alisnya mengkerut 30 derajat, mulut jadi semenanjung. Kumplit, lah. Sstt, nanti kamu juga ngerasain gimana di posisi seperti itu di tanggal-tanggal tua.

Karena sekarang adalah generasinya melek internet, udah nggak ada alesan lagi males belanja karena belanja itu bisa dari kasur masing-masing. Singkatnya, menguap sambil garuk-garuk ketiak juga selesai tu kegiatan belanja. Nggak kayak zaman dulu, mau beli sesuatu aja kudu napak tilas kayak umroh di tengah padang yang gersang. Jauh, cin.

Walau mudahnya pake banget, banyak yang masih ragu sama belanja online. Selain karena nggak bisa meraba barangnya langsung, belanja online itu dikambing hitamkan dengan banyaknya penipuan.


Ada nih seorang Tante, yang hidupnya gapteeeeek banget. Mau bikin email aja harus dibikinin temennya. Aktifin paket internet harus ke counter hape, yang jaraknya bisa 500 meter dari rumahnya. Ditambah download lagu, beli ke counter (eh ini beneran masih ada, loh). Padahal lagu legal yang gampang di download itu tersebar di banyak tempat. Lah ini masih minta ke counter yang legalnya pun dipertanyakan (tren beli lagu di counter hape kayaknya pas zaman-zamannya Ultra Mp3 di hape N-gage, deh ya?).

Kebetulan dia lagi pengin beli hape baru, hape yang masih ada keyboard-nya, blackberry old. Eh, Bold, ding. Karena rasanya gue nggak tega dengan situaasi si Tante yang memperkaya abang konter hape, ngisi paket yang harus pergi sejauh 500 meter akibat ketidaktahuannya, jadi gue bilang aja kalau mau beli hape nya di online aja. Belanja Online. Akhirnya Saya kasih tahu lah cara belanja di online, Cuma lewat aplikasi di hape. Scroll-scroll nyari harga sama penjual yang cocok, pencet tombol beli. Udah itu bayar, besoknya udah sampe.
Nggak perlu pergi jauh-jauh, gausah mengorbankan banyak waktu.
KOK GAMPANG, SEH?
Iya, Belanja Online itu sebenarnya gampang pisan. Nggak sesulit dan selama bikin E-KTP, atau ngejar-ngejar dosen di kampus, kok.
Kalau masih ragu, Ada tips yang kayaknya bakal berguna untuk dijadiin panduan belanja online. Inget ya, Online, bukan Downline. Dibacanya ‘On lain’. Nanti kalau salah sebut, dikejar-kejar orang MLM, hih.

1.     Cari

Nggak beda jaduh sama belanja konvensional, kamu harus nyari toko yang cocok, dan barang yang kamu mau itu ada atau enggak di toko itu. Bener nggak? Kayak misalkan kamu mau beli barang elektronik kesukaanmu, tapi nggak mungkin juga kamu belanja di toko online khusus baju, fashion yang kece-kece gitu. Sama aja kayak mau beli hape tapi masuknya ke factory outlet di Bandung. Kamu nggak akan pernah bisa nemuin barang yang kamu pengin, karena kamu salah tujuan.

Anggaplah kamu akhirnya nemu barang inceran, ya.
Tapi jangan seneng dulu. Perburuan kamu jangan berhenti di situ aja. Karena Belanja online ini nggak perlu pake kaki, kamu harus lebih pemilih sama barang yang mau kamu beli. Buka setiap item yang kamu beli di toko yang berbeda-beda, mirip ibu-ibu belanja di pasar gitu, deh. Jadi nantinya kamu bisa membandingkan mana barang yang mau kamu beli. Kalau bisa, kamu juga bisa membandingkannya dengan banyak toko, di website e-commerce yang beda-beda juga, ya.

Tapi, tapi, tunggu dulu. Pernyataan diatas berlaku untuk website toko online/e-commerce yang bermacam-macam penjualnya ya, bukan website yang menjual langsung barangnya ke konsumen (penjual tunggal).

2.       Teliti

Usaha mencari item yang mau kamu beli sukses. Malah, banyak banget pilihan toko yang udah kamu buka. Lantai 3 di mangga dua aja kalah banyak.

Karena ini belanja online, yang kenyatannya kamu nggak bisa dengan jelas lihat barang inceran kamu itu, kamu harus lebih teliti dalam membeli. Teliti sebelum membeli.
Kayak gimana aja?

-          Perhatikan satu persatu toko yang udah kamu pilih. Dari peringkat toko nya. Biasanya di website yang enggak menjual sendiri barangnya/atau dengan penjual lokal yang bermacam-macam, bakal nemuin sistem peringkat seperti ini. Sesuah peringkat, lalu dilihat dari testimoni pelanggannya, apa mereka puas? Apa barangnya sampai dengan selamat dan cepat?
Karena semakinn banyak pilihan penjual, makin banyak juga kemungkinan terlihat penjual yang emang barang jualannya bagus dan terjamin, daripada penjual yang nggak niat jualan.

Udah memilah penjual mana yang kelihatannya bagus? Lanjut ke poin nomor 3, ya.
Soalnya, paragraf dibawah ini curcolan aja.

Pernah sesekali salah membeli dengan penjual yang rese. Karena saya pengin cepet-cepet banget punya tuh barang, sampe melupakan ritual teliti. Nggak lupa melihat peringkat kok, tapi saya lupa melihat testimoni, atau komentar pembeli yang sudah menerima barangnya. Saya waktu itu beli barang di Tokopedia. Setelah beberapa hari nggak ada kabar dari penjual padahal saya sudah memesan. Saya menanyakan bagaimana kondisi barang yang dipesan, eh dia dengan enteng bilang barangnya habis. Dan di website nya, dia (penjual) sama sekali tidak membatalkan pembelian. Tokopedia itu sistemnya rekening bersama, saya percaya penjualnya tidak akan menipu. TAPIIIII
Kenapa tidak sigap untuk konfirmasi tentang status pembelian? Udah 3 hari. 3 hari tidak ada kabar. Yekali lupa. Saya udah SMS, whatsapp, ah lelah. Waktu saya terbuang. Saya tidak bisa memegang barang yang saya inginkan lebih cepat. Waktu saya terbuang sia-sia karena ada penjual yang rese, yang nggak mau sigap buat jualan. Padahal di Tokopedia banyak seller yang kualitasnya bagus banget. Sayang sekali saya dapet seller yang begini.

3.       Ngopi

Karena urusan milih-pilih selesai, kamu bisa pesan barang inceran itu. Sekarang tinggal waktunya bayar. Di beberapa toko belanja online/e-commerce, pembayarannya itu mudah banget. Lewat internet banking, lewat ATM. Malah, di ATM ada yang langsung keinput jumlah nilai yang harus di transfer (contohnya Lazada) dan gausah konfirmasi ulang. Untuk kamu yang males ke ATM dan sayang duit di ATM yang niatnya untuk masa depan dan juga modal untuk menguasai dunia seperti saya, ada pembayaran yang melalui Indomaret (contohnya Tokopedia, Dapat gratis minuman tapi kena charge 2500). Voilaa! Slesai! Tinggal tunggu barang kamu sampai sambil minum kopi, atau beraktifitas seperti biasa, karena belanja online nggak mengurangi efektifitas kamu bekerja, dibanding kamu harus pergi ke pusat perbelanjaan  yang bisa memakan 1 jam, bahkan lebih jika kamu orangnya kegatelan mata. Tentunya, praktis banget bagi kamu yang males tawar-menawar karena nggak tega sama penjual yang mukanya udah kesangan setiap matahari lagi terik.

Gampang, kaaaaan?
Iyalah. Saya aja keranjingan. Bagi orang yang malas untuk pergi hanya untuk belanja , atau untuk orang yang malas menawar barang, karena barang di toko online itu harganya udah tetap semua. Juga, yang paling penting, harganya banyak yang murah, dan beragam. Untuk kamu yang nggak punya waktu lebih, karena pekerjaan kamu lebih berharga daripada kebutuhan hidupmu.
Kamu masih bingung e-commerce apa aja yang ada di Indonesia?
Banyak, banyak banget.
Nih ya, diantaranya?
Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, JD.id, Blibli, Rakuten, Bhinneka, dan masih banyak lagi. Kayaknya nggak akan cukup sekali untuk menjelaskan mereka dan semua kelebihan yang mereka punya.

Selamat berbelanja.
Have a nice day!

You Might Also Like

26 komentar

  1. Hahaha. Ketawa-ketawa centil baca ini. Ngasih tau saran belanjanya, udah kayak memahami banget kalau cewek itu sukanya belanja. Huahahaha.

    Bener banget. Semua jadi mudah dengan adanya Lazada dsb itu. Tapi dengan kemudahan itu, kita harus tetap teliti. Lebih teliti daripada pas belanja langsung malah.

    Tante? Tante apa nih? Bukan tante gir....... *langsung ambil langkah seribu*

    BalasHapus
    Balasan
    1. maklum, suka nemenin cewek belanja, cha. XD
      Tante gueeee, bukan tante giraaaaang.
      Konteks tante-tante jadi rusak, gue harus meluruskan! ( .__.)

      Hapus
  2. Wahahaha :D iya juga sih, sejak ada toko online gitu, belanja-belanja apa jadi gampang :D nggak perlu desak-desakan :D apalagi kalau lagi diskon :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, nggak usah desak-desakkan. ini enak banget, ya :D

      Hapus
  3. Ah kemarin ngakunya kagak belanja2an.. :p same aje cyiin.. Yuk capcus ngonline kite

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo onlen tinggal ngedip, pit. Tetep beda, atuhlah. :((
      Ngonlen ye, bukan ngondek hahahah

      Hapus
  4. Saya juga sekarang lebih sering belanja buku online. Karena gak ada Gramedia di kota saya. Bisa cari buku-buku yang udah gak ada di toko buku konvensional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget. begitupun kota saya berasal. Waw, buku-buku langka gitu, ya.

      Hapus
  5. yoi... lazada dan kawan-kawan emang paling top. belakangan ini ada mataharimall juga, diskonnya gila-gilaan gratis ongkir pula. duh... jadi lemas denger kata downline... lemes dikejer-kejer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mataharimall banyak diskon? apa semua toko online nih? kan ada harbolnas gitu yaaaaa :D

      Jev, lo punya downline? XDDDD

      Hapus
  6. Gue Doyan belanja online Karna lebih nyanan milih barangnya, kalau beli langsung mah paling gaenak diikutin mbak2nya ituu

    BalasHapus
  7. wuidih, mainannya bantuin tante-tante ya bang
    tapi kalo untuk beberapa cewek, kadang menikmati tawar menawar dan olahraga sambil belanja itu feelnya beda bang hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wahh kamu sih cewek sejati kali ya, semangat banget kalau tawar menawar.

      Hapus
  8. Biasanya sih saya belanja online hanya untuk buku buku komputer dan baju anak anak saja. Dan Alhamdulillah selama saya "berkarir" belanja online tidak ada masalah berarti. Pesan barang, bayar transfer, dan barangpun dikirim ke alamat saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang mendengar kabar yang positif dari berbelanja online begini. :D

      Hapus
  9. itu baru handphone, kalo tantenya tau sepatu baju n pernak pernik wanita bisa di beli onlie.. gak bakal ke tanah abang lagi tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener hahaha, kalo semua bisa dibeli online lebih praktis ya!

      Hapus
  10. belanja online cuma beli jaket sama sepatu biasanya...
    kalau di distro males dikepoin mbak-mbakya mulu... padahal cuma pingin liat liat dulu :((

    yaa wajar sih, mungkin mereka ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengunjungnya. Tapi yaa nggak diikutin terus juga keles -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal, gue pertama malah males belanja baju online karena.... takut salah ukuran =___=

      Hapus
  11. Sebelum berbelanja online sebaiknya liat trlebih dahulu websitenya apakah terjamin atau engga

    BalasHapus
  12. Makin banyak toko online sekarang ya.
    Bandingin harga, cari yg diskonan hehe tapi tentu cari olshop yang terpercaya agar nggak ketipu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, soalnya ga sedikit kan ya yg nakal. kan sebel kalo ketemu yg nakal.

      Hapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!