[Review] Clash Royale: Keharmonisan Menyerang dan Bertahan

  • Selasa, Maret 01, 2016
  • By Reza Kurniawan
  • 4 Comments



Siapa sih yang nggak suka nge-game saat ini? Anak-anak maen, bapak-ibu maen, mang gorengan aja suka maen game. Nggak ada batasan. Karena game itu menyenangkan. Masa iya kamu kalah? Bisa mengisi waktu luang, dan juga bisa menghabiskan waktu kalian, tinggal pilih aja.

Untuk yang doyan maen game di hape, tahu kan ya kalau game Clash of Clans itu kece banget? Dari awal dirilis dan sampai saat ini, jumlah pemainnya bukan maen. Bahkan sampai ada yang berbisnis juga dari game ini, memperjual-belikan akun COC. Ada pemain yang mulai bosan karena mainnya mulai gitu-gitu aja, nggak ada waktu buat maen, akun dijual, lupa akun, banyak deh macamnya. Saya, termasuk pemain COC yang maennya jadi males karena data game hilang. Soalnya dulu belum terhubung sama akun Google play, sebel aja kalau maen harus ngulang lagi dari awal. Kayak di suruh jalan terus udah bisa lari, terus disandung keseleo, harus mulai dari awal (analoginya jelek, sih).

Clash Royale dirilis secara global pada maret 2016 oleh Supercell. Dalam game nya pun, memang masih menggunakan unsur Clash dan juga Clan. Bisa disebut dari pelebaran branding Clash yang memang khasnya Supercell yang dikemas secara berbeda. Unsur Clash of Clans kental banget, sekental susu kental manis dua sachet yang di telan sekaligus sambal pencet hidung.

deck dan hadiah kartu yang akan diperoleh dalam Clash Royale.


Gameplay-nya berbasis kartu deck yang bertujuan untuk menghancurleburkan markas besar musuh. Mungkin sekilas sama dengan pendahulunya, tapi di sini kamu ditantang untuk mengatur jumlah pasukan yang dikeluarkan dengan elixir yang mengalir di papan deck mu tanpa ada batasan giliran bermain. Hmmm.. Seperti layaknya game berbasis kartu lainnya, sih. Jadi, kamu mau serang seganas-ganasnya, mau nyerangnya selow, itu keputusan kamu sendiri. Yang penting kamu bisa menang dan pintar-pintar dalam mengatur strategi pertarungan. Clash Royale ini mengingatkan saya pada pertandingan catur dan permainan kartu yang dilebur jadi satu dengan membiaskan giliran bermain.

Battle Deck kamu nanti bisa diisi dengan 8 kartu yang tingkatannya ada 3. Common, Rare, dan Epic. Semakin tinggi levelnya, semakin tinggi pula jumlah elixir yang dibutuhkan pada pertandingan nanti. Slot yang ada itu sudah termasuk kartu untuk bertahan dan menyerang. Ada pasukan yang memamah memanah untuk serangan jarak jauh, sihir untuk mengacaukan musuh, tower untuk pertahanan, kesatria dan giant serangan langsung, serangan pasukan goblin dan tengkorak untuk menyerbu secara membabi buta, dan masih banyak lagi. Kartu tersebut akan kamu dapatkan ketika menempa skill pada latihan, dan juga ketika menang dalam pertandingan yang dikemas dalam peti kayu, silver, emas dan peti sihir. Kartu yang sudah kamu dapatkan juga harus ditempa lagi levelnya dengan mendapatkan kartu dari peti. Diawal permainan kamu akan diberikan peti kayu, semakin ke atas, kamu akan diberikan peti silver dan emas, dan kalau beruntung kamu akan diberikan peti sihir yang jumlah hadiahnya banyak sekali. Emang cepet kaya sih ya kalau pake mejik-mejik gitu. Kalau belum cukup hanya dengan peti yang didapat dengan bermain, kamu bisa mendapatkan sumbangan peti gratis dan crown chest/peti mahkota di halaman home Clash Royale ini. Atau nggak suka gratisan? Kamu bisa beli pake duit asli dengan in-app-purchase nya. Saya lebih prefer untuk bermain biasa saja, karena selain butuh modal, IAP akan menghilangkan unsur greget bermain game yang tujuannya untuk have fun, dan mengisi waktu luang.

Seiring naiknya level, kamu akan mendapatkan arena yang baru. Setelah naik ke level 3, Dalam dunia Clash ini kamu harus banget ikut clan. Karena kan bisa menambah tingkat keseruan bermain game ini. Kamu bisa berkumpul bersama teman, duel bareng, asyiknya juga bisa meminta atau menyumbangkan kartu pada teman. Selain berkelahi, game ini juga mengajarkan beramal, sungguh mulia sekali.  Karena di game ini, kadang banyak kartu yang tidak terpakai karena keterbatasan jumlah deck yang hanya 8 slot. Kan mubazir banget.

home dan gameplay pertarungan Clash Royale. SERBU GAN!


Setelah membahas semua tetek-bengeknya, mari kita lanjut pada peperangan. Di peperangan, kamu akan menggunakan tampilan portrait seperti halaman menu game ini. Lain hal nya loh ya kalau melihat pertarungan orang lain di TV Royale yang disediakan opsi portrait dan landscape. Di pertarungan sebenarnya, kamu akan mempunyai 3 tower begitupun dengan musuh. Dua tower adalah anak buah yang bisanya cuma memanah aja, dan satu ditengah itu king tower yang hebatnya bisa megang meriam. Di sini, kamu dituntut untuk bisa bertahan dan menyerang sekaligus dalam waktu 3 menit. Bisa sih kalau mau memilih menyerang atau bertahan saja, tapi risiko game ini terlalu besar. Agresif menyerang bisa kelabakan di area pertahanan yang melempem, pasif di pertahanan bisa-bisa kamu kehabisan waktu. Kalau menang, kamu dapat hadiah sesuai jumlah tower yang kamu hancurkan, kalau kalah, trophy kamu berkurang dan prestasi kamu di leaderboard dunia bakalan turun.

Mungkin selain unsur senang-senang, game ini cocok bagi kamu yang sedang agresif pedekate sama doi, tapi butuh pertahanan yang pas biar doi nggak di serang sama yang lain. Karena game duel kartu real-time ini menjalin keharmonisan antara menyerang dan bertahan. Mungkin juga bagi kamu yang mau penyegaran dari Clash of Clans karena bosan, akunnya dijual, kebanyakan nge-cheat/hack atau telat maen Clash of Clans yang membuat level kamu selalu dibawah teman-teman lainnya, atau sama seperti saya yang data game nya hilang. Terlepas dari itu, game ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang karena pertandingan hanya membutuhkan waktu 3 menit dan nggak terlalu aneh untuk dimainkan di tempat umum soalnya orientasi game mobile ini portrait, jadi bisa dimainkan dengan satu tangan.

Kamu juga mau maen? kita ngadu skill, yu!
Selamat bermain!

Unduh Clash Royale di Google Play Store: Klik di sini
Unduh Clash Royale di Apple Appstore : Klik di sini

You Might Also Like

4 komentar

  1. Orang yang udah kenal dan kecanduan maen game COC atau semacamnya itu pasti bakalan lupa waktu sampe-sampe pekerjaan juga kayaknya dibiarkan gitu aja. Permainan itu emang bikin semua yang main jadi kecanduan :D

    BalasHapus
  2. Wiiiiii game baruuuuu muahahaha
    Iya, game itu memang dari kecil sampai udah umur-umur ditanya kapan lulus gini selalu jadi teman paling setia yang nagih lagi dan lagi. Makasih rekomendasinya ya, Om. :)

    BalasHapus
  3. Gue nga pernah main coc, pegang andro aja baru brapa bulan.

    Tapi ini seru kayaknya ja. Main game yg nga mainstream. Tapi onlen kan? Ihik ihik #TomiSayangKuota

    BalasHapus
  4. Bertema kartu deck yah? Mending main Yu-Gi-Oh! Duel Generation asli seru itu

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!