Salah Fokus

  • Kamis, Januari 24, 2013
  • By Reza Kurniawan
  • 5 Comments


Hidup ini nggak cukup untuk melakukan dan memperhatikan untuk satu hal saja. Kadang, hal sepele pun bisa jadi ada di pikiran kita.
Bisa aja pas lagi nyetir motor, tapi pikiran udah ngidam makan siang dan minuman seger yang udah siap di rumah, atau warung nasi deket kampus.

Mungkin, sebagian orang menganggap ini hal sepele. Saat ini mau belajar serius, tapi praktek nya belajar sambil perhatiin objek sekitar. Kalo liat kesana-sini nya masih mikir soal pelajaran sih masih maklum. Kalo mikirin si doi lagi apa, atau besok hari harus makan pake apa.

Tapi, sisi baik dari salah fokus atau tidak fokus nya kita dalam melakukan sesuatu terkadang menghasilkan ide yang keren dan nggak mainstream. 

Contoh masalah:

Lagi bingung nanti makan siang sama apaan tapi tadi lo barusan ngemil lotek. Terus, lagi keras-keras nya mikir malah timbul keras keras rasa mules. Iyuh, nggak keren banget. Terus langsung ke WC. Pup lumayan lama. Bukan karena banyak nya pengeluaran, tapi karena pas lagi pup jadi kepikiran sesuatu. Nah!
Kepikiran deh kalo abis pup kan laper lagi. Terus lo bisa makan siang lebih puas dan lega karena perut lo kosong lagi. 
#OkeIniNggakPenting

Contoh tadi adalah contoh salah fokus yang biasa kita temukan di WC. Tempat pembuangan itu juga bisa ngebuat pikiran kita lebih plong. Mungkin sensasi saat mengeluarkan pup itu yang bikin syaraf-syaraf jadi lega sesudah nya, jadi pikiran kita bisa ngebut wuz-wuz-wuz dan dapet deh ide-ide cemerlang.

Juga pas kita berada di ruang terbuka seperti taman atau lingkungan hijau yang sejuk dan bikin tenang. Manusia harus menikmati alam, terkena sinar matahari yang cukup ( pagi-sore ) sehingga ada keseimbangan dalam tubuh kita. Ide bagus biasanya muncul pas lagi menikmati kesejukan alam. Dari alam untuk alam.
Jangan lupa makan lalapan, ya! :D

Untuk contoh yang terakhir ini lebih sering pelajar rasakan.
Misalnya lagi di sekolah males dan udah nggak fokus buat belajar maupun perhatiin guru. Boro-boro belajar, megang buku nya aja udah pengen tidur sampe 12 jam. 
Nah, disaat ini biasanya kita lebih sering melamun. Entah soal doi atau soal yang lainnya. Pokoknya, hal yang biasa kita pikirin itu hal hal yang bisa bikin raga kita terbang ke daerah lain misalnya jajan ke kantin atau raga lo udah diperjalanan pulang duluan. Kasian, ditinggalin raganya sendiri.

Berikut ini gambaran dari salah fokus ketika belajar.

Salah fokus. Salah fokus everywhere.


You Might Also Like

5 komentar

  1. LIGHT LUCU LIGHT LUCU GYAA SINI TANTE PELUK

    BalasHapus
  2. haha gue juga suka tuh pup lama-lama, padahal saat pup banyakan ngelamunnya haha :D..

    btw, artworknya keren haha

    BalasHapus
  3. Yapp bener bang, hal hal yang sepele pun bisa jadi ide.
    Itu artworknya unyu unyu kaya alien :D huehe

    BalasHapus
  4. lotek apaan sih kur ?
    ah gue mah tiap hari juga salah fokus mulu. lagi serius merhatiin jalanan taunya gebetan lewat sama cewe. udah salah fokus kemana-mana ya kan.. *eh

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!