Jajan Baso Cuankie



Diisi segumpal daging berbentuk bulat, berwarna Abu-abu. Biasanya dihidangkan hangat dengan kuah kaldu yang harumnya sampai bulu hidung pun luluh. Harum. Dibelakang nama baso itu ada nama cuanki, yang artinya marga dari baso ini adalah bagi penjual baso yang berjualan dengan jalan kaki yang ada di jalan Serayu. Terus dia sukses dan membeli markas di jalan Serayu.

Ngarang. Banget.

Tapi, Tapi, Orang Bandung mana yang nggak tau cuanki Serayu? Saya yang pendatang aja suka penasaran kenapa dan ada apa di cuanki yang satu itu. Kesampean deh ke sana pertama kali (selama 3 tahun di bandung) bareng adek yang lagi liburan di Bandung.

Karena nggak tau lokasinya, nyari lokasinya pun pake Google Maps di hape. Ternyata lokasinya nggak jauh dari Jalan Riau yang gampang diakses bagi pendatang macam saya. Ya pokoknya kalau datang dari gerbang tol Pasteur bisa naik ke jalan layang pasupati. Terus turun dan ambil kanan di persimpangan Dago bawah, lalu bisa belok sebelum Jalan Merdeka, nah itu jalan Riau.  Di jalan Riau, kalau udah nemu restoran Karnivor bisa nengok kiri terus, ada papan nama jalan, Jalan Serayu. Langsung deh belok kiri. Sampe deh.

Suasana di dalam


Baso Cuankie Serayu buka mulai dari jam 11.00. Tapi jangan harap bisa santai gitu deh, saya yang jam setengah 11 udah di lokasi aja udah liat banyak yang parkir. Banyak pelanggan yang nungguin buka sambil ngobrol ngerumpi hepi sama keluarga.  Rata-rata yang datang keluarga, serombongan komunitas dan geng lari-lari weekend. Tapi kayaknya bisa cukup tenang, pas kedai buka dan pelanggan masuk bisa muat banyak. Nyempil-nyempil dikit juga asik, sih. Soalnya meja di sana kebanyakan memanjang.

Kalau mau memesan baso untuk dibawa pulang, bisa pesan di gerobak  bagian depan, dan kalau mau menikmati di tempat, bisa pesan di dalam. Pesannya cepat dan tinggal bilang ke mang yang jagain gerobaknya, mau pesen satu porsi atau setengah dan sebagainya.  Simpel dan langsung bisa nguyah-ngunyah baso cuanki.

Pas mangnya nuangin kuah aja udah bikin kabita. Asapnya melambai, harumnya melebar ke segala sisi ruangan.


Penuh banget mangkuk ini!!

lihatlah dari dekat, beningggggg










Ada dua baso daging, sebuah tahu putih, gorengan dari tepung yang rasanya kayak roti, dan olahan tepung mirip-mirip baso ikan yang dipadukan sama cilok (lah, nggak tau ini namanya apa).  Semangkuk itu berasa penuh. Kuahnya gimana? Beningggg. Sensasi kuah gurih nya lembut, sejuk bareng hangat di tenggorokan.  Bawang goreng featuring daun seledri bikin suasana tambah kres.

Suka banget sama kuahnya. Ringan, nggak bikin enek. Udah gitu porsinya buanyak, liat aja mangkuknya begitu padat. Udah gitu harganya nggak bikin kantong robek, pake 3 jari di kantong juga udah bisa bayar baso cuanki ini.

Kalau kamu biasanya ke Bandung cuma nge-mall dan jajan-jajan keren di kedai hits anak muda, jangan lupa mampir ke Cuankie Serayu ini. Selain bisa lebih ngirit, kamu juga bisa lanjutin jalan-jalan dan berburu di jalan Riau/ R.E Martadinata. Enaknya sih ke sini bawa keluarga, ngobrol-ngobrol dalam keramaian mangkuk baso gitu, deh. Soalnya suasananya rapih, tertata secara merakyat, lebih hangat buat ngumpul rumpi, tapi nggak bisa lama-lama karena banyak yang ngantri. Hahahaha

Untuk yang masih awam soal Bandung, enakan mampir lokasi di Jalan Serayu, sih. Selain di pusat keramaian, banyak juga tempat untuk wisatawan belanja gitu, jadi biasanya siapa aja udah tau.



Harga
1 Porsi                   : Rp 14.000
Setengah Porsi : Rp. 10.000

Lokasi Batagor/Baso Cuankie Serayu
Jl. Serayu No. 2
Bandung

Jl. Bengawan No. 69
Bandung

Jl. Babakan Sari No. 93
Bandung

Telepon : 081221636600
Buka mulai jam 11.00 – 20.00



You Might Also Like

21 komentar

  1. saya suka beli cuangki yang keliling rasanya enak juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh ya, cuanki yang lewat depan rumah juga enak, bisa ditambah mi rebus lagi :D

      Hapus
  2. oke juga sih kalau diperhatikan...
    harganya... ya bersahabat.
    yang nggak bersahabat, adalah behel gue. karena pake behel, makan bakso pu n gue nggak dianjurkan oleh dokter gigi. sedih yak :")

    BalasHapus
  3. Saya paling beli cuankie yang suka keliling rumah, dan dengan uang 5rbu bisa dapet 1 porsi cuankie hahah :D

    BalasHapus
  4. Wah kayak yang enak tuh cuanki nya. kirimin ke sini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. atuhlah obatin dulu pasiennya pak jangan jajan dulu ya ya ya?

      Hapus
  5. wenaknya ya. udah lama ga mencicipi cuanki.
    kirim kang di saya ga ada yang julan cuanki :D

    pesenkan ke gerobak didepan bungkus 1 porsi. hhahaha

    BalasHapus
  6. Jadi ngiler nih mas, saya beli dulu kalau begitu, malah lapar.

    Aduuuh ...

    memang menjadi makanan kesukaan warga Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkhusus sayah kang tapi udah lama saya ga makan, makanan ini

      Hapus
  7. Jadi ngiler nih mas, saya beli dulu kalau begitu, malah lapar.

    Aduuuh ...

    memang menjadi makanan kesukaan warga Indonesia.

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!