Menyimpan Kenangan Dengan Google Photos

  • Selasa, Juni 09, 2015
  • By Reza Kurniawan
  • 9 Comments



Pernah nggak kepikiran kalo foto foto bakalan ilang? terus kita nggak bisa simpan kenangan itu sampe banyak banget Karena… Memori penuh.

Sebel banget dong pasti. Pasti abis kejadian kayak gitu, selanjutnya bakal usahain punya gadget yang memorinya segede masa lalu, atau hardisk eksternal buat nambah-nambah kenangan baru.
Apa lagi sekarang kamara makin bagus aja buat selfie, seperempat memori hape penuh cuma buat selfie kamu yang belum tentu bagus semua. Boros banget.

Kayaknya google dapet hikmah untuk update layanan penyimpanan fotonya karena semua kebutuhan foto makin banyak. Nggak lama ini, Layanan Google Photos upgrade upload gratisannya sampe High Quality.

High Quality, Selamanya.



Awalnya sih Cuma sampe standar size biar enak dilihat sebagai kenangan aja, sekarang ditambah jadi 16 megapixel. Kebayang nggak, mau diisi apa aja? Etapi juga bisa ditambah video sampe 1080p juga, kurang asik apa, sodara sodaraaah?

Dari awal aplikasi Google Photos nongol di hape secara otomatis (ke install sendiri, bloatware) dari layanan Google+. Awalnya sebel banget sampe ada aplikasi bloatware ini ada di hape. Cuma Menuhin doang. Pas lagi nganggur nyoba-nyoba buka itu aplikasi, penasaran (nganggur dikit megang hape, generasi nunduk L).

Klik sana tekan sini, ada opsi backup foto unlimited dengan standar size yaitu 2048 x 2048. Setting bentar. Set ke Upload dengan Wifi saja, biar irit. Di dalam hati mikir, lumayan lah ya bisa punya kenangan manis nan gemerlap di masa muda. Biar pas akik-akik nanti bisa pamer lah ya seenggaknya ke anak sendiri.


Pernah pas pulang liburan, dapet notifikasi kalo ada foto yang ke upload di Google Photos di kategori Collections (kalo nggak salah dulu itu namanya Story?). Foto pas liburan berubah jadi album yang ada judulnya (dari GPS hape nih kayaknya), terus kalo album di geser ke samping bisa nampilin momen-momen berdasarkan waktu pas kita ambil foto tersebut. Ada judul dan bisa di edit. Mendadak jadi senyum senyum sendiri. Sampe rumah dan nyantai, dapet notifikasi ada hasil foto yang udah diambil kemarin dan udah rapih jadi album. Yang lucu itu pas ada foto yang hampir mirip dan banyak berubah otomatis jadi format GIF, gambar gerak-gerak.

Tapi inget aja, kebijakan google itu gimana. Jadi upload foto juga harus bijak, loh ya. Jangan seharian Cuma foto selfie kamu, soalnya kamu bukan idol.

Fitur lain yang ada di Google Photos itu sendiri sih ada yang bisa nyatuin foto 2 atau lebih jadi foto panorama dan perbaikan foto secara otomatis, tapi saya belum coba. Apalagi video, saya jarang sekali merekam. Mungkin nanti, deh. hahaha
Sementara ini saya Cuma berani untuk backup foto dari hape, kalau untuk desktop…. nggak dulu. kebanyakan foto dan nggak punya koneksi yang kenceng, bisi kecekik. Hahaha

Selamat menyimpan kenangan masa lalu, Guys!



Sumber foto : https://www.google.com/photos/about

You Might Also Like

9 komentar

  1. Oh kakak masa lalunya besar, ya?
    (??)
    Asik makin pengen jalan jalan aja nih haha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yadonggg, kiloan aja besar X)
      banget, pengen jalan jalan terus ya bawaannya :|. boros jadinya.

      Hapus
  2. Wah gak pernah tertarik sama itu sih soalnya kirain sama kaya gallery gitu. Boleh juga nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, awalnyajuga bingung buat apa aplikasinya. Abis dari judulnya udah "photos" sih ya.

      Hapus
  3. wah baru tahu saya tentang google photos, ternyata bermanfaat sekali buat kita yang ingin photo kita lebih aman, makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoih jik, ngebantu banget dan nggak usah ribet lagi di kemudian hari.

      Hapus
  4. Saya biasanya suka upload otomatis ke google deive :D
    Klo google photo baru tau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, begitu ya. Apa mungkin sama sama layanan yang sama, kali .-.

      Hapus
  5. sayabanyak nih punya foto2 kenangan, eh tiba2 hilang.

    Salam kenal mas, saya follow blognya ya

    BalasHapus

Berikan komentarmu dan kita bisa berdiskusi di sini!